Kemungkinan Adanya Planet Baru Di Alpha Centauri A


Kamis, 11 Februari 2021
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Kemungkinan Adanya Planet Baru Di Alpha Centauri A

Para astronom telah menemukan apa yang bisa menjadi indikasi dunia ekstrasurya yang belum ditemukan sebelumnya. Para astronom telah mendeteksi ribuan planet baru selama beberapa tahun terakhir, tetapi meskipun banyak di antaranya berpotensi untuk dihuni, sebagian besar terlalu jauh untuk kita kunjungi.

Itulah mengapa penemuan dunia mirip Bumi di orbit sekitar Proxima Centauri - bintang katai merah yang terletak hanya 4,25 tahun cahaya - dianggap sangat penting ketika terungkap pada tahun 2016.

Baca Juga:

Kemungkinan Adanya Planet Baru Di Alpha Centauri A
Apakah mungkin jika planet baru itu menjadi planet layak huni?
---------

Sekarang para astronom percaya bahwa mereka mungkin telah menemukan indikasi planet lain di orbit sekitar Alpha Centauri A - salah satu pasangan biner Alpha Centauri AB - menjadikan sistem bintang tetangga terdekat kita kemungkinan yang lebih menggiurkan dalam mencari kehidupan di luar tata surya kita sendiri.

Namun telah ditekankan bahwa penemuan tersebut - yang merupakan 'kandidat planet' - masih tentatif, yang berarti belum dapat dipastikan bahwa ini jelas merupakan planet baru.

"Kami mendeteksi sesuatu," kata Pete Klupar, kepala insinyur dari the Breakthrough Initiatives.



"Bisa jadi artefak di dalam mesin atau bisa jadi planet, atau bisa juga asteroid atau debu."

Objek itu diambil oleh Very Large Telescope (VLT) European Southern Observatory di Gurun Atacama Chili dengan bantuan coronagraph baru pada instrumen yang menghalangi cahaya dari bintang-bintang itu sendiri, sehingga membuat planet yang mengorbit lebih mudah untuk dilihat.

"Banyak orang mengatakan bahwa planet tidak dapat terbentuk dalam biner semacam ini dan itulah salah satu alasan kami berhati-hati dalam mengklaim apakah itu benar-benar planet," kata Klupar.

"Tapi jika memang demikian, ukurannya akan seukuran Neptunus."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.