Fosil Hiu Prasejarah Besar Ditemukan Di Dinding Gua


Minggu, 02 Februari 2020
Label:
Advertisement
[Sains Box] Fosil Hiu Prasejarah Besar Ditemukan Di Dinding Gua

Sisa-sisa fosil hiu berusia 330 juta tahun yang terpelihara dengan baik telah ditemukan di sebuah gua di Kentucky. Mengingat hiu terus menerus kehilangan dan mengganti gigi mereka sepanjang hidup mereka, maka gigi hiu adalah salah satu fosil prasejarah yang paling banyak ditemukan di dunia.

Sebaliknya, sisa tubuh hiu adalah penemuan yang sangat langka karena tulang rawannya mudah patah dan hampir tidak pernah selamat dari fosilisasi, membuat penemuan semacam itu sangat sedikit dan jarang terjadi.

Baca Juga:

Fosil Hiu Prasejarah Besar Ditemukan Di Dinding Gua
Fosil hiu prasejarah di Taman Nasional Gua Mammoth, Kentucky
---------

Ketika ahli ekologi Rick Olson dan ahli paleontologi Rick Toomey menemukan kepala hiu besar yang memfosil di Taman Nasional Gua Mammoth di Kentucky pada November lalu, dengan cepat menjadi jelas bahwa mereka telah menemukan sesuatu yang sangat signifikan.

Menurut palaeontologist John-Paul Hodnett, spesies - Saivodus striatus - berasal dari sekitar 330 juta tahun yang lalu hingga periode Mississippian Akhir dan seukuran hiu putih besar.



"Paling penting, sebagian besar fosil hiu yang kami temukan berasal dari lapisan batu yang memanjang dari Missouri ke Virginia, tetapi tidak pernah mendokumentasikan keberadaan hiu, sampai sekarang," kata Hodnett. "Ini seperti menemukan potongan puzzle yang hilang dari gambar yang sangat besar."

Fosil Hiu Prasejarah Besar Ditemukan Di Dinding Gua
Fosil hiu prasejarah di Taman Nasional Gua Mammoth, Kentucky
---------

Gua yang sama juga dianggap sebagai rumah bagi sisa-sisa fosil hingga 100 hiu lainnya.

Wow!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box


Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.