Mikroinvertebrata Prasejarah Ini Ditemukan Di Batu Amber


Tuesday, October 15, 2019
Labels: , ,
Advertisement
[Sains Box] Mikroinvertebrata Prasejarah Ini Ditemukan Di Batu Amber

Spesies makhluk mikroskopis yang sebelumnya tidak dikenal telah ditemukan terpelihara dengan sempurna dalam batu amber. Berasal dari periode Kenozoikum 30 juta tahun yang lalu, mikroinvertebrata yang sebelumnya tak terlihat ini sama sekali tidak berbeda dengan tardigrade yang terkenal tangguh saat ini (atau biasa dikenal dengan nama 'beruang air').

Dijuluki dengan nama Sialomorpha dominicana, spesies ini ditemukan dalam sepotong amber dari Republik Dominika oleh palaeobiolog George Poinar Jr dari Oregon State University dan ahli zoologi invertebrata Diane Nelson dari East Tennessee State University.

Baca Juga:

Mikroinvertebrata Prasejarah Ini Ditemukan Di Batu Amber

Mereka menjulukinya sebagai 'jamur babi' karena sifatnya mirip seperti jamur dan berbentuk babi.

Hasil karya George Poinar tentang fosil yang terperangkap dalam batu amber sangat terkenal karena penelitiannya di tahun 1980-an merupakan inspirasi di balik beberapa konsep Jurassic Park-nya Michael Crichton.

"Butuh waktu berhari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan untuk memeriksa [spesimen], dan kemudian di teliti di bawah mikroskop majemuk," katanya tentang penemuan terakhir ini.

Mikroinvertebrata Prasejarah Ini Ditemukan Di Batu Amber

"Mereka sekecil tardigrade terkecil, dan mereka memiliki delapan kaki seperti tardigrade. Namun mereka memiliki mandibula tetapi tidak memiliki cakar, sedangkan tardigrades memiliki cakar dan bagian mulut dari stylet."

Apakah ‘jamur babi’ ini sekuat tardigrade? Entahlah, kita tunggu hasil penelitian selanjutnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.