Misteri Papyrus Basel Berusia 2000 Tahun Terungkap


Selasa, 17 Juli 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Misteri Papyrus Basel Berusia 2000 Tahun Akhirnya Terungkap

Para peneliti akhirnya berhasil mengartikan papirus kuno dengan tulisan cermin di kedua sisinya. Teks ini adalah salah satu dari 65 dokumen yang membentuk Basel Papyrus Collection yang pada awalnya diperoleh oleh University of Basel di Swiss lebih dari 100 tahun yang lalu.

Apa yang membuat dokumen ini begitu misterius adalah fakta bahwa ia memiliki tulisan cermin di kedua sisi, membuatnya sangat sulit untuk dipahami tanpa menggunakan manfaat teknologi modern.

Namun pada akhirnya, Basel Digital Humanities Lab mampu mengungkapnya dengan menggunakan ultraviolet dan pencitraan inframerah pada papyrus, dimana yang terungkap terdiri dari tidak hanya satu, tetapi beberapa lapisan yang direkatkan.

Baca Juga:

Misteri Papyrus Basel Berusia 2000 Tahun Akhirnya Terungkap

Dengan memisahkan lembaran secara seksama, maka papyrus pun dapat ditentukan dengan jauh lebih mudah. Pada akhirnya setelah seorang ahli membersihkan, menghaluskan, dan mengkonsolidasikannya maka dapat segera disimpulkan bahwa dokumen itu sebenarnya adalah teks medis kuno yang diyakini para peneliti ditulis oleh seorang dokter Galen yang terkenal di Galia.

Misteri Papyrus Basel Berusia 2000 Tahun Akhirnya Terungkap

Misteri Papyrus Basel Berusia 2000 Tahun Akhirnya Terungkap

"Ini adalah penemuan sensasional," kata Sabine Huebner, seorang profesor sejarah kuno.

"Mayoritas papyri adalah dokumen seperti surat, kontrak, dan tanda terima. Ini adalah teks sastra, bagaimanapun, dan itu jauh lebih berharga." sambungnya.

"Kami sekarang dapat mengatakan bahwa itu adalah teks medis dari zaman kuno yang menggambarkan fenomena 'hysterical apnea'."

Apa itu hysterical apnea?? Ada yang tahu???

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar