Secara Teoritis, Lubang Hitam Adalah ‘Terowongan’ Luar Angkasa


Rabu, 20 Juni 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Secara Teoritis, Lubang Hitam Adalah ‘Terowongan’ Luar Angkasa

Para ilmuwan telah mengemukakan kemungkinan bahwa apa yang kita anggap sebagai lubang hitam mungkin adalah sesuatu yang lain sepenuhnya. Beberapa fenomena kosmik tetap sama menakutkan dan misterius seperti lubang hitam, yaitu wilayah ruang angkasa di mana tarikan gravitasi begitu besar sehingga tidak ada apa pun yang bisa lolos melaluinya, bahkan cahaya sekalipun.

Tapi sementara ada banyak bukti untuk mendukung gagasan bahwa lubang hitam itu ada, fenomena bintang yang menarik ini terus menimbulkan sejumlah masalah teoritis, menyebabkan beberapa peneliti mempertanyakan apakah pemahaman kita tentang apa lubang hitam sebenarnya itu adalah benar?

Baca Juga:

Secara Teoritis, Lubang Hitam Adalah Terowongan Luar Angkasa

Salah satu kemungkinan yang telah mendapatkan daya tarik baru-baru ini adalah lubang hitam sebenarnya merupakan lubang cacing, yaitu 'terowongan' teoritis yang melalui ruang angkasa dan telah lama dispekulasikan selama bertahun-tahun. Jika memang lubang hitam adalah terowongan, kemana arah terowongan tersebut? Nah, ilmuwan masih mencari tahu jawabannya.

Terlebih lagi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gelombang gravitasi yang dihasilkan oleh tabrakan dua lubang cacing akan sangat mirip dengan yang sudah diambil dari penggabungan dua lubang hitam.

Detektor gelombang gravitasi masa depan pada akhirnya harus dapat membedakan diantara keduanya.

Secara Teoritis, Lubang Hitam Adalah Terowongan Luar Angkasa

"Sekarang saatnya untuk mempertimbangkan secara serius kemungkinan bahwa ada objek lain yang bisa sama masif dan kompak seperti lubang hitam," kata fisikawan Vitor Cardoso dari Universitas Lisbon.

"Ini adalah salah satu hal paling menarik yang bisa kita lakukan dengan gelombang gravitasi."

Apakah dengan bantuan gelombang gravitasi ini ilmuwan akan dapat memperoleh jawaban dibalik misteri lubang hitam? Kita tunggu saja berita selanjutnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar