Data Rekaman Yang Hilang, Bongkar Misteri Bulan 40 Tahun


Senin, 11 Juni 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Data Rekaman Yang Hilang, Membongkar Misteri Bulan 40 Tahun

Rekaman berisi data yang direkam di Bulan pada tahun 1970 telah membantu memecahkan misteri yang sudah lama berjalan. Selama misi Apollo 15 dan 17 pada tahun 1971 dan 1972, para astronot mengerahkan probe khusus yang dirancang untuk dapat mengirimkan data kembali ke Bumi tentang panas yang berasal dari interior Bulan.

Ketika data itu kemudian dianalisis, para ilmuwan menemukan peningkatan suhu yang aneh selama beberapa dekade kemudian dan hingga kini tetap menjadi misteri. Apalagi keadaan menjadi jauh lebih buruk, manakala hanya bisa mendapatkan data dari kaset tahun 1971 hingga 1974 saja, sedangkan data dari kaset tahun 1975 hingga 1977 telah hilang.

Baca Juga:

Data Rekaman Yang Hilang, Bongkar Misteri Bulan 40 Tahun

Namun, tidak sampai rekaman yang hilang tersebut akhirnya muncul delapan tahun yang lalu, dan upaya untuk memecahkan misteri pun bisa dilanjutkan.

Kini, setelah analisis ekstensif data dari kaset yang hilang, para ilmuwan telah dapat menentukan bahwa penyebab panas misterius di Bulan adalah astronot Apollo itu sendiri.

Lebih khusus lagi, aktivitas mereka di permukaan Bulan telah membuat Bulan memantulkan lebih sedikit cahaya Matahari kembali ke ruang angkasa, sehingga menaikkan suhu dengan jumlah yang sedikit.

Data Rekaman Yang Hilang, Bongkar Misteri Bulan 40 Tahun

"Dalam proses pemasangan instrumen Anda mungkin benar-benar akhirnya mengganggu lingkungan termal permukaan tempat Anda ingin melakukan pengukuran," kata pemimpin penulis studi, Seiichi Nagihara dari Texas Tech University di Lubbock.

Jika memang karena aktifitas dari para astronot yang hanya berjumlah sedikit saja telah mempengaruhi suhu di Bulan, apakah tidak akan menimbulkan risiko manakala manusia membuat pemukiman luar angkasa di Bulan kelak di masa depan seperti yang pernah di rencanakan? Semoga dengan adanya data ini kita dapat memikirkan lebih lanjut dalam upaya ekplorasi Bulan di masa depan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar