Misteri Mengelilingi Lubang Raksasa di Antartika


Sabtu, 14 Oktober 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Misteri Mengelilingi Lubang Raksasa di Antartika

Sebuah lubang di es yang lebih besar dari negara Belanda telah digambarkan oleh para ilmuwan sebagai lubang yang 'cukup luar biasa'. Dikenal sebagai 'polynya', sebuah kata yang berasal dari Rusia mengacu pada area perairan yang dikelilingi oleh es, anomali khusus ini pertama kali diamati pada tahun 1970an di sebelah timur Semenanjung Antartika.

Lubang itu kemudian pernah menghilang untuk kurang lebih empat dekade, tapi kemudian tahun lalu dan hingga tahun ini, lubang itu tiba-tiba mulai terbuka lagi, membuat ilmuwan menggaruk-garuk kepala mereka.

Baca Juga:

Misteri Mengelilingi Lubang Raksasa di Antartika

Lubang ini diyakini terbentuk saat lapisan air hangat dari dasar laut naik ke permukaan, menggeser lapisan yang lebih dingin di atasnya dan mencairkan es.

"Ini seperti membuka katup pelepas tekanan," kata Profesor Mojib Latif.

"Lautan kemudian melepaskan surplus panas ke atmosfer selama beberapa musim dingin berturut-turut sampai waduk panas itu habis."

Kuncinya sekarang adalah untuk memahami dengan tepat mengapa hal ini terjadi, apakah atau tidak ada hubungannya dengan perubahan iklim dan, jika ya, apakah itu akibat proses alami atau buatan manusia.

Hingga kini masih misteri....

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar