Misteri Beton Romawi Yang Bisa Bertahan 2.000 Tahun


Rabu, 05 Juli 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Panjang umur yang menakjubkan dari dermaga laut Romawi yang telah membuktikan sesuatu yang misterius bagi para insinyur modern. Apa pun yang Romawi masukkan ke dalam beton mereka, pastilah telah teruji oleh waktu, sebagaimana dibuktikan oleh berlanjutnya kelangsungan hidup beberapa bangunan berusia 2000 tahun yang kontras dengan banyak usaha modern yang telah hancur dalam beberapa dasawarsa oleh pemukulan terus menerus terhadap Gelombang laut.

Baca Juga:

Bahkan ada catatan sejarah tentang kekuatan beton Romawi seperti Pliny the Elder, yang pada tahun 79M menggambarkan bagaimana struktur beton pada masa itu "menjadi satu massa batu, tak dapat ditembus ombak, dan setiap hari semakin kuat."

Misteri Beton Romawi Yang Bisa Bertahan 2.000 Tahun

Kini, menurut sebuah studi baru oleh para ilmuwan di AS, jawaban atas misteri ini terletak pada cara air laut bercampur dengan abu vulkanik dan kapur dalam beton untuk membentuk mineral yang saling terkait.

Ini kemudian memberikan kohesi yang hampir tak tergoyahkan pada struktur yang bisa bertahan selama ribuan tahun.

"Kami melihat sebuah sistem yang bertentangan dengan semua yang diinginkan di beton berbasis semen," kata pemimpin studi Prof Marie Jackson dari University of Utah.

Misteri Beton Romawi Yang Bisa Bertahan 2.000 Tahun

Misteri Beton Romawi Yang Bisa Bertahan 2.000 Tahun

"Kami melihat sebuah sistem yang berkembang dalam pertukaran kimia terbuka dengan air laut."

Diharapkan bahwa suatu saat, sebuah penemuan dapat membantu para insinyur modern untuk mengembangkan tipe beton baru yang lebih tahan lama yang juga memanfaatkan mekanisme penguatan yang sama seperti beton Romawi ini.

Menemukan pengganti abu vulkanik yang digunakan oleh orang Romawi bagaimanapun bisa membuktikan sebuah tantangan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar