Wow, Batu Giok Raksasa 175 Ton ditemukan di Burma


Senin, 17 Oktober 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Di Indonesia, belum lama ini pernah meledak sebuah fenomena tentang keberadaan batu giok atau batu cincin. Hingga banyak sekali para pencari batu dan penjual batu yang sukses menaikkan omset jualan batunya. Para kolektor baik yang sudah lama maupun pemula juga mulai bermunculan. Sayangnya, kondisi ini tidak bertahan lama. Kini, seolah keberadaan batu giok atau batu cincin sudah tidak booming lagi.

Namun, lain halnya dengan di Myanmar (Burma). Disana, ada sebuah pertambangan batu giok. Dimana hal ini telah menjadi bisnis besar bagi Myanmar, bahkan hasil setengahnya merupakan produk domestik bruto seluruh negara. Batu-batu hijau yang berharga tersebut digunakan untuk kerajinan segala sesuatu dari patung-patung dan alat untuk perhiasan.

Wow, Batu Giok Raksasa 175 Ton ditemukan di Burma

Baca Juga:

Belum lama ini, para penambang batu giok di Myanmar telah menemukan sebongkah besar batu giok dengan berat 175 ton, panjang 19 kaki (5,8 m) dan tingginya 14 kaki (4,3 m). Batu giok raksasa ini ditemukan di negara bagian Kachin. Diperkirakan batu giok ini bernilai sekitar 170 juta dollar (hitung sendiri berapa kalo dirupiahkan).

Dalam hal ini, ada kemungkinan bahwa batu pemecah rekor ini akan dipotong dan dijual ke Cina.

"Kami pikir kami telah memenangkan lotre," kata Sao Min, salah satu penambang yang membantu menggali batu itu. "Tapi ini milik negara. Hal ini untuk menghormati para pemimpin kita."

Wow, Batu Giok Raksasa 175 Ton ditemukan di Burma

Wow, luar biasa sekali besarnya batu itu!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(BBC)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Kalo batu gioknya kayak gitu jarinya kayak apa bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan belum diolah mas..
      nanti bs dibikin ribuan batu cincin itu, atau perhiasan lainnya

      Hapus