Wow, Belati Raja Tut Terbuat dari Besi Meteorit


Kamis, 02 Juni 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebilah belati yang ikut dimakamkan di samping Firaun muda ternyata merupakan sesuatu lebih berharga daripada yang diperkirakan sebelumnya. Dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai X-ray spektrometri fluoresensi, para peneliti dari Politeknik Milan, Pisa University dan Museum Mesir di Kairo menentukan bahwa besi dalam belati kuno tersebut terdapat persentase yang tinggi nikel serta bahan lain yang biasanya ditemukan di meteorit.

Tim ini bahkan mampu melacak meteorit tertentu yang menjadi bahan dalam pisau tersebut, yaitu batu bernama Kharga yang ditemukan 16 tahun yang lalu di sebuah dataran tinggi batu kapur di Mersa Matruh.

Wow, Belati Raja Tut Terbuat dari Besi Meteorit

Baca Juga:

Temuan ini menunjukkan bahwa besi meteorit dianggap bahan yang sangat berharga di Mesir kuno dan juga membantu untuk menyoroti pengerjaan terampil dari pandai besi yang bekerja dengan itu.

"Akan sangat menarik untuk menganalisis lebih jauh tentang artefak dari jaman pra-Besi ini, seperti benda-benda besi lainnya yang ditemukan di makam Raja Tut," kata penulis studi, Daniela Comelli. "Kami bisa mendapatkan wawasan berharga ke dalam teknologi pengerjaan logam di Mesir kuno dan Mediterania."

Kami masih menemukan hal-hal baru di makam Raja Tut, tetapi setiap penemuan tampaknya mengungkapkan bahwa mereka memiliki cita rasa yang tinggi terhadap sesuatu yang menarik dan berharga.

Kini, belati kuno yang terbuat dari besi meteorit itu sedang dipamerkan di Museum Mesir, Kairo.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar