NASA Mengumumkan Penemuan Planet Bumi Kedua


Jumat, 24 Juli 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Belum lama ini, para astronom dengan menggunakan Teleskop Kepler telah berhasil menemukan planet ekstrasolar yang diclaim paling mirip Bumi, dan ini merupakan satu dari yang pernah ditemukan.

Planet yang diberi nama Kepler-452b itu dianggap sebagai dunia terestrial berbatu dengan orbit yang sangat mirip dengan dunia kita sendiri (Bumi) yang terletak di sekitar bintang yang juga sangat mirip dengan bintang kita sendiri. Dari jumlah 1.000 lebih planet ekstrasolar yang berhasil diidentifikasi sampai saat ini dunia yang baru ditemukan itu sebagai yang paling signifikan dan mirip Bumi dari mereka semua.

NASA Mengumumkan Penemuan Planet Bumi Kedua

Baca Juga:

"Kepler-452 memiliki karakteristik yang mirip dengan matahari kita, sehingga kita akan menemukan planet dengan periode orbit yang mirip dengan Bumi dalam sistem ini, dan ini sangat menarik," kata Daniel Huber dari University of Sydney.

"Ini adalah pertama kalinya kami menemukan planet seperti itu."

Penemuan itu diuraikan pada konferensi pers NASA sebelumnya hari ini dengan para ilmuwan menunjukkan bahwa permukaan planet ini berpotensi sangat mirip dengan Bumi. Akan tetapi bukan berarti mengatakan bahwa Kepler-452b adalah sama persis seperti Bumi, namun sekitar 60 persen lebih besar kemungkinan mirip planet kita sendiri dan satu tahun disana akan ada 485 hari yang panjang. Serta jarak tempuh ke planet ini merupakan jarak yang sangat panjang sekitar 1400 tahun cahaya yang terletak pada konstelasi Cygnus.

NASA Mengumumkan Penemuan Planet Bumi Kedua
Perbandingan Kepler-452b(kanan) dan Bumi(kiri)

Meskipun demikian, karena jarak orbit sangat mirip Bumi maka menempatkannya tepat di zona layak huni pada bintangnya dan ilmuwan percaya bahwa planet itu telah ada selama enam miliar tahun, cukup waktu bagi kehidupan untuk berkembang.

Meski masih belum diketahui secara pasti, planet ini diperkirakan memiliki suasana yang menunjang untuk kehidupan, dan jika memang ada kehidupan di sana, maka kemungkinan planet ini menjadi target utama untuk pengamatan di masa depan serta didukung juga dengan teknologi teleskop yang nantinya akan jauh lebih kuat.

Apakah Kepler-452b akan menjadi Bumi kedua? Kita lihat saja nanti...

Penasaran, intip videonya yuk...

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(smh)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Berarti jumlah Planet nya nambah lagi ya kang kalo ditemukan Planet terbaru lagi ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kan planet ekstrasolar (diluar tata surya kita) kang Eka. Kalo planet diluar tata surya justru byk sudah ditemukan. Nah, kalo yg di tata surya kita ya planetnya ga pernah nambah, itu2 aja..

      Hapus