Misteri Ikan Trout Berbulu Langka di Wisconsin


Sabtu, 09 Mei 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ini mungkin akan terdengar sangat aneh. Saat kita melihat ada seekor ikan yang tubuhnya ditumbuhi dengan bulu-bulu halus seperti bulu kelinci. Namun ini adalah kisah nyata, dimana seorang nelayan yang secara tidak sengaja telah mendapatkan seekor ikan trout berbulu ketika sedang memancing di dekat Milwaukee, Wisconsin, Amerika Selatan.

Awalnya Goerge Bower, seperti biasa melakukan hobinya memancing ikan di sepanjang sungai Menomonee, namun hari itu ada yang tidak biasa dengan hasil tangkapannya, seekor ikan yang terlihat tubuhnya seperti digulung oleh spesimen aneh berbentuk seperti bulu-bulu putih. Setelah diambil ternyata itu memang sejenis ikan langka yang berbulu. Konon katanya ikan ini merupakan tokoh dalam sebuah cerita legenda terkenal di daerah tersebut, dimana ada sesosok makhluk fiksi yang bisa mengembangkan mantel bulu tebal di tubuhnya untuk mempertahankan diri dari panas. Nah, apakah ikan tersebut adalah makhluk dari dalam legenda?

Misteri Ikan Trout Berbulu Langka di Wisconsin

Baca Juga:

Melihat dari kondisinya yang terbilang aneh, memang sangat cocok sekali dengan cerita legenda itu. Cerita legenda aneh ini sudah tersebar luas hingga tahun 1930-an, bahkan ikan sejenis yang ditemukan pernah tampil di Museum Nasional Skotlandia, awalnya semua mempercayai kebenaran dari mitos ini. Hingga pada akhirnya telah terungkap adanya unsur hoax, dimana seorang ahli telah mengisinya dengan kulit binatang, ikan tersebut ternyata hanya ikan biasa yang dilapisi bulu kelinci pada tubuhnya.

Setelah hal itu terungkap, legenda tentang ikan berbulu pun mereda. Namun, apa yang berhasil ditangkap oleh George Bower, mengingatkan kembali pada masa itu. Apakah yang ditangkap oleh Bower adalah asli?

Sementara itu jelas ikan ini bukanlah ikan berbulu yang berasal dari dongeng legenda, beberapa percaya bahwa ikan tersebut digulung oleh spesimen bulu mungkin telah menderita apa yang dianggap kasus ekstrim “cotton mold” atau cetakan kapas, yaitu suatu kondisi yang dapat menghasilkan penampilan berbulu putih.

Misteri Ikan Trout Berbulu Langka di Wisconsin
Ikan trout berbulu tampil di Museum

Di sisi lain ada juga yang berpendapat bahwa jumlah cakupan cetakan terlalu berlebihan, sehingga ini tidak bisa disebut secara alami dan bahwa foto tersebut kemungkinan adalah tipuan.

"Saya menghubungi seorang pejabat satwa liar setempat dan mereka mengatakan bahwa ikan itu adalah ikan langka berbulu," kata Bower dalam sebuah e-mail. "Mereka terus menjelaskan bahwa ini adalah kasus ekstrim dari Saprolegnia, atau cetakan kapas."

"Saya ragu akan hal itu tapi saya masih bersemangat untuk mengetahui kebenaran dari legenda Wisconsin yang asli!"

Jadi, apakah legenda itu benar-benar nyata? Apakah ikan itu adalah bukti nyata dari legenda tersebut? Kita tunggu saja hasil penelitiannya lebih lanjut.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar