Ilmuwan Berhasil Membuat Materi Pemantul Air


Kamis, 29 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Anda tahu sifat air? Air akan selalu meresap ke dalam celah sekecil apapun, sehingga untuk menahan air dengan permanen diperlukan materi yang benar-benar halus dan tanpa celah. Namun, belum lama ini, para ilmuwan telah berhasil mengembangkan bahan penolak air dimana dalam percobaanya, air yang diteteskan di atas bahan tersebut akan terpental / memantul menjauhinya seperti bola tenis.

Bahan baru yang canggih itu diciptakan melalui proses yang melibatkan laser etsa pola mikroskopis pada permukaan logam dan memiliki pelapis kimia konvensional yang jauh lebih anti air seperti yang digunakan pada Teflon atau wajan non-stick.

Ilmuwan Berhasil Membuat Materi Pemantul Air

Bahan baru tersebut terbukti sangat berharga dalam berbagai aplikasi, misalnya untuk menjaga pembentukan es pada pesawat, untuk memproduksi toilet yang dapat membersihkan sendiri, dan sebagainya. Bahan ini telah menarik minat khusus dari Bill dan Melinda Gates Foundation.

Baca Juga:

Masih cukup banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum bahan ini siap digunakan oleh konsumen. Apalagi untuk menghasilkan satu inci persegi dari bahan itu membutuhkan waktu satu jam lamanya. Akan tetapi, tim sains saat ini juga sedang mencari cara untuk menerapkan metode yang sama pada permukaan non-logam. Apakah berhasil? Jika iya, sudah dipastikan akan sangat berguna sekali.

Penasaran, seperti apa air yang bisa memantul bak bola tenis? Silahkan dilihat saja dalam video berikut ini yang menunjukkan sebuah material dapat memiliki sifat menolak air:



Wow, luar biasa bukan? Seandainya semua baju terbuat dari bahan itu, pasti tidak akan pernah basah meskipun terkena hujan...^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar