Psychotria Elata, Pohon Yang Berbunga Bibir


Sabtu, 26 April 2014
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Sungguh unik memang, ketika alam berusaha mengungkap ekspresi mereka. Salah satunya melalui bunga dari pohon yang memiliki nama latin Psychotria elata. Bunga itu mirip sekali dengan bentuk bibir yang berwarna merah.

Pohon ini termasuk ke dalam jenis pohon tropis, banyak ditemukan di hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan, yaitu di negara-negara seperti Kolombia, Kosta Rika, Panama dan Ekuador. Jika diperhatikan dengan seksama, memang bunga pohon ini sangat mirip sekali dengan bentuk bibir. Itulah mengapa, pohon ini pun akhirnya dijuluki dengan nama "Lips Hooker".





Ternyata, dibalik keunikannya itu, ada maksud tersembunyi dari si pohon. Bentuk bunga merah bibir itu berfungsi untuk menarik perhatian bagi para penyerbuk, termasuk burung Kolibri dan Kupu-kupu.



Menurut Oddity Central, bentuk bunga yang mirip bibir tersebut hanya bertahan sementara waktu saja. Karena lama-kelamaan bunga akan terbuka dibagian tengahnya, lalu muncul kelopak bunga yang lain dan kemudian semakin mekar sehingga membentuk bunga yang utuh.



Wow, sungguh menarik ya... ^_^ sayang, bibir merahnya cuma sementara..

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. wah unik sekali gan.. baru kali ini lihat :D
    kalau ada waktu mampir di blog ane ya...

    BalasHapus
  2. wah, unik ni ya, sob...

    BalasHapus