Ruby Falls, Gua Air Terjun Terdalam Di Amerika


Kamis, 27 Maret 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sekitar 1.120 meter di bawah tanah di dalam jatung Gunung Lookout dekat Chattanooga, Tennessee, terdapat air terjun tertinggi dan terdalam di Amerika Serikat. Air terjun itu dinamakan Ruby Falls, diambil dari nama istri sang penemunya. Air terjun tersebut terletak di ujung bagian utama dari gua Ruby Falls, dalam poros vertikal besar yang terkikis dari batuan kapur oleh jutaan air asin dari milyaran tahun yang lalu. Sungai disitu mengalir, berasal dari air hujan dan mata air alami, air tersebut kemudian jatuh dari ketinggian 145 kaki dan mengumpul kembali ke dalam sebuah kolam di lantai gua, kemudian berlanjut melalui gunung sampai akhirnya bergabung dengan Sungai Tennessee di dasar gunung Lookout. Ruby Falls diyakini berusia 30 juta tahun.

Gua Ruby Falls, seperti layaknya gua gunung, awalnya tidak memiliki lubang alami dan tidak bisa dimasuki hingga abad ke-20. Pada tahun 1905, pintu masuk alami untuk gua gunung Lookout harus ditutup selama pembangunan terowongan kereta api. Leo Lambert, penggemar gua lokal, yang mengetahui keberadaan dari gua gunung Lookout, memutuskan untuk membuka kembali kepada publik dan membentuk sebuah perusahaan untuk melakukannya. Tak lama setelah pengeboran dimulai pada musim gugur tahun 1928, tim menemukan lorong 260 kaki di bawah tanah dan masih 160 meter di atas gua gunung Lookout.

Ruby Falls, Air Terjun Tertinggi Di Amerika

Ruby Falls, Air Terjun Tertinggi Di Amerika

Ruby Falls, Air Terjun Tertinggi Di Amerika

Lambert, bersama dengan kru kecilnya, memasuki lubang ini untuk mengeksplorasi dan menemukan gua yang baru. Sambil menjelajahi mereka menemukan sejumlah formasi batuan yang indah. Sehingga memotivasi mereka untuk menelusuri jauh lebih ke dalam gua, dan mereka pun akhirnya menemukan permata yang mengagumkan, sebuah air terjun. Mr Lambert beserta kelompok eksplorasinya terpesona oleh keindahan air terjun itu, dan dengan cepat kembali ke permukaan untuk berbagi berita. Pada eksplorasi berikutnya ke dalam gua, Lambert mengambil beberapa orang termasuk istrinya Ruby untuk melihat keajaiban yang telah mereka temukan. Saat itu Lambert memutuskan untuk memanggil air terjun itu dengan nama "Ruby Falls."

Ruby Falls, Air Terjun Tertinggi Di Amerika

Ruby Falls, Air Terjun Tertinggi Di Amerika

Ruby Falls, Air Terjun Tertinggi Di Amerika

Ruby Falls, Air Terjun Tertinggi Di Amerika

Lambert merencanakan akan membuka kedua tempat ajaib temuannya itu untuk publik, gua gunung Lookout dan gua Ruby Falls yang baru ia temukan, serta menawarkan keduanya sebagai tempat tujuan wisata yang paling mengagumkan. Ruby Falls terbukti menjadi tempat wisata yang paling populer dengan banyaknya daya tarik formasi bebatuan yang tidak biasa, dan tentu saja karena pesona air terjun itu sendiri. Namun, kurangnya antusiasme publik akhirnya terjadi pada penutupan gua gunung Lookout tahun 1935. Pengembangan gua Ruby Falls pun dilanjutkan. Lampu listrik yang dipasang di dalam gua, membuatnya menjadi salah satu gua pertama di dunia yang akan dialiri listrik. Kemudian elevator ditambahkan juga untuk memberikan kemudahan bagi ratusan ribu pengunjung yang memasuki gua setiap tahunnya.




sign



Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.