Danau Lava Sangat Langka Ditemukan Di Pulau Terpencil


Sunday, July 7, 2019
Labels:
Advertisement
[Sains Box] Danau Lava Sangat Langka Ditemukan Di Pulau Terpencil

Citra satelit telah berhasil mengungkap keberadaan danau batuan cair di Samudra Selatan, tepatnya di Pulau Mount Michael, Inggris. Meskipun sering muncul dalam film dan video game, danau lava sebenarnya cukup langka sejauh fitur geologis. Dari sekitar 1.500 gunung berapi yang berpotensi aktif di Bumi, hanya ada delapan yang memiliki danau lava persisten, termasuk yang baru ditemukan ini.


Ditemukan oleh para peneliti dari University College London dan survei Antartika Inggris yang menganalisis citra satelit mencakup lebih dari tiga dekade lamanya.

Baca Juga:

Danau Lava Sangat Langka Ditemukan Di Pulau Terpencil
#Citra satelit dari danau lava#


Danau yang cukup besar dari batuan cair lava ini, diperkirakan berukuran selebar dua lapangan sepak bola, ia berada di dalam kawah Gunung Michael dan memiliki suhu hingga 1.280 derajat Celcius.

"Gunung Michael adalah gunung berapi di sebuah pulau terpencil di Samudra Selatan," kata pemimpin penelitian, Danielle Gray dari University College London.

Danau Lava Sangat Langka Ditemukan Di Pulau Terpencil
#Gunung Michael#

Danau Lava Sangat Langka Ditemukan Di Pulau Terpencil
#Citra satelit dengan inset lokasinya#


"Sangat sulit untuk diakses, dan tanpa citra satelit resolusi tinggi akan sangat menantang untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur geologis yang menakjubkan ini."

Dan kalau-kalau Anda penasaran, tujuh gunung berapi lainnya dengan danau lava persisten di seluruh dunia adalah sebagai berikut: Gunung Nyiragongo di Republik Demokratik Kongo, Gunung Erta Ale di Ethiopia, Gunung Erebus di Antartika, Gunung Yasur Vanuatu, Kilauea di Hawaii, Ambrym di Vanuatu, dan Masaya di Nikaragua.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.