Gawat, Planet ‘Nakal’ Terdeteksi Di Luar Tata Surya Kita


Minggu, 05 Agustus 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Gawat, Planet ‘Nakal’ Terdeteksi Di Luar Tata Surya Kita

Ilmuwan peneliti planet telah berhasil mendeteksi keberadaan sebuah objek besar yang besarnya adalah 12,7 kali massa Jupiter dan memiliki medan magnet 200 kali lebih kuat. Pendeteksian objek yang diduga adalah sebuah planet ‘nakal’ itu dilakukan oleh National Science Foundation Very Large Array (VLA) menandai pertama kalinya objek planet bermassa di luar tata surya kita yang pernah terdeteksi oleh teleskop radio.

Istilah 'nakal' sendiri mengacu pada fakta bahwa planet itu berada di ruang antarbintang dan tidak mengorbit bintang induknya.

Baca Juga:

Gawat, Planet Nakal Terdeteksi Di Luar Tata Surya Kita

"Objek ini tepat di batas antara planet dan katai coklat, atau 'bintang gagal', dan memberi kita beberapa kejutan yang berpotensi membantu kita memahami proses magnetik pada bintang dan planet," kata pemimpin studi bernama Melodie Kao.

Planet yang akhirnya diberi nama sebagai SIMP J01365663+0933473 itu, hanya berusia 200 juta tahun saja, ini membuatnya relatif muda dibandingkan dengan Matahari, dan terletak 20 tahun cahaya dari Bumi.

"Objek khusus ini menarik karena mempelajari mekanisme dinamo magnetiknya dapat memberi kita wawasan baru tentang bagaimana mekanisme yang sama dapat beroperasi di planet ekstrasurya, atau planet di luar tata surya kita," kata Kao.

Gawat, Planet Nakal Terdeteksi Di Luar Tata Surya Kita
Very Large Array (VLA)
____________________________

"Kami pikir mekanisme ini dapat bekerja tidak hanya pada katai coklat, tetapi juga di planet gas dan terestrial."

Semoga saja keberadaan planet ‘nakal’ ini tidak mengganggu jalur lintasan tata surya kita sendiri. Apalagi dengan medan magnetnya yang cukup kuat.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar