6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan


Jumat, 27 Juli 2018
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] 6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan

Arkeologi memungkinkan kita melihat sekilas ke masa lalu yang seringnya mengungkapkan lebih dari yang pernah kita pelajari di buku pelajaran. Setiap penemuan membantu menggali informasi baru. Namun adakalanya, temuan-temuan itu justru membuat bingung para arkeolog yang menemukannya.

Nah, berikut ini tercantum beberapa objek arkeologi yang pernah ditemukan cukup aneh:

Baca Juga:

1. Kaki Burung Bercakar

6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan

Sekelompok arkeolog menemukan cakar burung (daging dan otot masih melekat padanya) saat menggali gua di Selandia Baru. Kemudian, para arkeolog menegaskan bahwa itu adalah kaki burung moa yang punah yang menghilang dari bumi sekitar 2000 tahun yang lalu. Moa diburu sampai punah oleh manusia purba.

2. Tentara Terracotta

6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan

Sekelompok arkeolog di Xiang, China melakukan penggalian pada tahun 1974 yang menjadi penemuan seni pemakaman terbesar yang pernah ada, yaitu tentara terracotta (berusia 2200 tahun). Mereka menemukan ribuan tentara tanah liat yang dikubur di dekat makam kaisar Qin Shi Huang (kaisar pertama dari Cina). Para prajurit tanah liat ini dikubur bersamanya untuk melindunginya dari kekuatan jahat setelah kematian. Senjata berbeda ditemukan dengan prajurit-prajurit tanah liat ini juga.

3. Kendi Penuh Lubang

6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan

Kendi ini ditemukan di kota kuno Ur (sekarang Irak), berasal sekitar 5000 tahun yang lalu. Terbuat dari tanah liat dan dipecah menjadi 180 buah ketika para arkeolog menemukannya. Setelah dikembalikan, ia mengungkapkan bahwa itu dibuat dengan lubang yang berarti tidak dapat digunakan untuk menyimpan makanan ataupun cairan. Ini memiliki lubang di bagian bawah juga sehingga tidak bisa digunakan sebagai lampu juga. Yang paling aneh adalah, tidak ada objek lain yang pernah ditemukan seperti ini atau bahkan mendekati ini.

4. Batu Bola Kosta Rika

6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan

Dikenal sebagai batu bola Kosta Rika, para ilmuwan dan sejarawan percaya bahwa bola-bola yang nyaris sempurna ini diukir di sekitar pergantian milenium. Tidak ada yang benar-benar yakin dan tahu digunakan untuk apa bola-bola batu tersebut.

5. Mekanisme Antikythera

6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan

Ditemukan dalam kapal karam di pulau Antikythera Yunani pada abad ke-20, perangkat ini dikenal sebagai kalkulator ilmiah pertama di dunia. Alat dengan lusinan gigi itu dapat secara tepat mengukur posisi matahari, bulan dan planet hanya dengan memasukkan tanggal, meskipun masih ada perdebatan tentang penggunaannya yang tepat. Ekspedisi ini dilakukan untuk ungkap misteri mekanisme antikythera.

6. Voynich Manuskrip

6 Temuan Arkeologi Teraneh Ini Masih Membingungkan Ilmuwan

Digambarkan sebagai manuskrip paling misterius di dunia, karya sastra ini telah dibuat kembali pada awal abad ke-15 Italia. Dengan sebagian besar halamannya diisi dengan apa yang tampaknya sebagai resep herbal, tidak ada satupun tanaman yang cocok dengan spesies yang dikenal dan bahasanya tetap tidak bisa dipahami. Naskah Voynich ternyata ditulis dalam dua bahasa.

-------------
Nah, itulah rangkuman sementara dari benda-benda temuan arkeologi yang hingga saat ini masih menjadi misteri serta terus diperdebatkan oleh para ilmuwan. Sebenarnya masih banyak, tunggu penelusurannya satu-persatu. Tetaplah bersama kami, Sains Box.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar