Naskah Voynich Ternyata Ditulis dalam Dua Bahasa


Rabu, 26 April 2017
Label: ,

[Sains Box] Para ilmuwan Rusia telah membuat kemajuan dalam mengartikan halaman-halaman teks abad pertengahan yang misterius. Codex yang penuh teka-teki ini pertama kali ditemukan di sebuah biara Italia oleh agen penjual Wilfrid Voynich pada tahun 1912, berisi 240 halaman karakter dan gambar aneh dan tak terbaca.

Ditulis di atas perkamen kulit anak lembu halus, buku ini telah berusia 15 abad ke atas namun semua upaya untuk memperoleh makna dari isinya sejauh ini menyebabkan kegagalan dan frustrasi.

Naskah Voynich Ternyata Ditulis dalam Dua Bahasa

Baca Juga:

Solusi untuk misteri ini tetap begitu sulit dipahami bahkan beberapa peneliti percaya bahwa manuskrip itu sebenarnya diciptakan sebagai tipuan yang dirancang untuk mengelabui kolektor buku abad ke-15.

Kini, tim ilmuwan dari RAS Institute of Applied Mathematics di Rusia telah menentukan melalui analisis statistik bahwa 60% buku sebenarnya ditulis dalam dua bahasa, yaitu Inggris dan Jerman, serta semua vokal dan spasi telah sengaja dihapus.

Sisanya 40% teks dianggap ditulis dalam bahasa Italia, Spanyol atau Latin.

Mengingat bahwa gambar di halamannya menggambarkan apa yang tampak seperti biji dan sayuran, tidak semua orang di dalam tim yakin bahwa isi buku itu bahkan layak untuk diartikan.

"Saya tidak tahu mengapa memahami teks bisa menjadi penting saat ini, sebab dilihat dari gambarnya, ini menjelaskan pada bagian mana dari tahun yang Anda butuhkan untuk menabur benih poppy agar kemudian mendapatkan opium," kata rekan penulis studi, Yuri Orlov.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. itu naskah pada abad dahulu ya, memang sebelumnya untuk memahami bahasa susah, dengan perkembangan jaman maka semua akan lebih mudah ya mb mang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. manggilnya kok borongan sih, ada mb ada mang :D
      memang seperti itulah, bahasa yg digunakan zaman dahulu biasanya penuh dgn simbol. karena blm ada yg namanya alphabet.

      Hapus