Pohon Tertua di Eropa Berusia Lebih Seribu Tahun


Selasa, 23 Agustus 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah pohon pinus Bosnia terletak di Yunani telah diidentifikasi sebagai pohon hidup tertua di benua Eropa. Pohon ini telah mendapatkan julukan sebagai 'Adonis', yaitu pohon tua yang telah berhasil bertahan melawan segala rintangan dalam wilayah konflik dunia dan menjadi satu-satunya pohon saksi hidup selama sepuluh abad terakhir.

Usia pohon ditentukan oleh sekelompok peneliti melalui sampel inti yang diperoleh dengan cara dibor dan kemudian dengan susah payah menghitung jumlah cincin nya.

Pohon Tertua di Eropa Berusia Lebih Seribu Tahun

Baca Juga:

"Saya sangat terkesan, dalam konteks peradaban barat, semua sejarah manusia yang telah mengelilingi pohon ini; semua kerajaan, Bizantium, Ottoman, dan semua orang yang tinggal di wilayah ini, tetap membuatnya berdiri," kata mahasiswa pascasarjana Universitas Stockholm, Paul J. Krusic yang terlibat dalam penelitian ini.

"Begitu banyak hal yang terjadi bisa menyebabkan kehancurannya. Untungnya, hutan ini pada dasarnya tidak pernah tersentuh selama lebih dari seribu tahun."

Sehingga, hal itulah yang membuat pohon ini sanggup bertahan hidup. Kini pohon pinus Bosnia yang memiliki nama lain Pinus heldreichii ini diperkirakan berusia lebih dari 1.075 tahun. Namun, ia masih berdiri kokoh di dataran tinggi Utara Yunani dan menjadi pohon tertua di Eropa.

Luar biasa!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar