Sunstones, Batu Misterius Sistem Navigasi Pelaut Viking


Sabtu, 07 April 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Sunstones, Batu Misterius Sistem Navigasi Pelaut Viking

Suatu bentuk alat navigasi misterius yang dirujuk dalam literatur Bangsa Viking awal mungkin benar-benar ada. Seperti yang kita ketahui melalui sejarah, Bangsa Viking adalah pelaut yang tidak dapat disangkal, telah melakukan perjalanan panjang ke Greenland serta ke Amerika Utara pada akhir abad ke-10. Tanpa akses kompas untuk membimbing mereka, tentu sangatlah rumit, penuh tantangan, dan membawa risiko. Namun, mereka seolah-olah tidak mengalami hal itu sedikitpun. Lalu alat apa yang mereka pakai? Orang-orang Skandinavia kuno ini hanya perlu bergantung pada bentuk-bentuk alternatif navigasi untuk dapat menyeberangi lautan.

Baca Juga:

Sunstones, Batu Misterius Sistem Navigasi Pelaut Viking

Salah satu alat navigasi yang disebutkan dalam beberapa kisah Viking dari waktu itu adalah bernama 'sunstone', yaitu sebuah objek batu misterius yang dapat memastikan posisi Matahari bahkan melalui awan tebal atau salju. Luar biasa!

Setelah diberhentikan sebagai legenda, batu misterius ini sekarang diyakini sebagai alat navigasi asli yang terbuat dari mineral karbonat yang dikenal sebagai kalsit (atau Spar Islandia).

Sunstones, Batu Misterius Sistem Navigasi Pelaut Viking

Eksperimen terbaru menunjukkan bahwa ketika diposisikan pada sudut yang tepat, material ini dapat membantu secara akurat menentukan lokasi Matahari bahkan di bawah kondisi mendung ataupun senja.

Dengan bantuan batu itu, para pelaut Viking pasti bisa menempuh perjalanan lebih dari 1.600 mil laut ke Greenland.

"Tidak ada yang tahu apakah Viking benar-benar menggunakan metode ini," tulis arkeolog bernama Gabor Horvath.

"Namun, jika mereka melakukannya, maka mereka bisa menavigasi dengan tepat."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar