Temuan Baru Ungkap Fakta ‘Alien Sangat Sulit Dijumpai’


Jumat, 06 April 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Temuan Baru Ungkap Fakta ‘Alien Sangat Sulit Dijumpai’ Tanpa Ini

Kurangnya fosfor di alam semesta ternyata dapat berarti bahwa kehidupan seperti tipe Bumi jauh lebih jarang ditemukan daripada yang dipikirkan secara umum. Fosfor, yang tercipta ketika bintang sangat besar meledak dalam supernova, membentuk fondasi DNA dan sangat penting untuk transfer dan penyimpanan energi di sel-sel kita.

Tanpa itu, kehidupan seperti yang ditemukan di Bumi tidak dapat terbentuk. Ini adalah sebuah fakta.

Dalam sebuah penelitian baru, para ilmuwan yang telah mengamati sisa-sisa bintang yang meledak ini sekarang percaya bahwa fosfor mungkin jauh lebih umum daripada yang kita duga. Bumi, menurut mereka, mungkin sangatlah beruntung karena kebetulan berada di sebelah situasi tipe supernova yang 'tepat'.

Baca Juga:

Temuan Baru Ungkap Fakta Alien Sangat Sulit Dijumpai Tanpa Ini

"Rute untuk membawa fosfor ke planet-planet yang baru lahir terlihat agak tidak pasti," kata Dr Jane Greaves, astronom dari University of Cardiff.

"Jika fosfor bersumber dari supernova, dan kemudian melakukan perjalanan melintasi ruang angkasa dalam batuan meteorit, saya bertanya-tanya apakah sebuah planet muda dapat menemukan dirinya kurang dalam fosfor reaktif karena di mana ia lahir? Dengan kata lain, planet itu dimulai dekat jenis supernova yang salah."

"Dalam hal ini, kehidupan mungkin benar-benar berjuang untuk memulai dari kimia yang miskin fosfor, di dunia lain yang serupa dengan kita sendiri."

Temuan Baru Ungkap Fakta Alien Sangat Sulit Dijumpai Tanpa Ini
Supernova Remnant
__________________________________

Satu hal lagi bahwa, meskipun ada banyak planet yang ditutupi dengan samudra air cair, dianggap sangat cocok untuk perkembangan kehidupan, bukan berarti lantas planet tersebut memiliki kehidupan. Bahkan, mereka harus memiliki panas dan kelembaban yang cukup. Tapi fosfor, yang diperlukan untuk sintesis molekul DNA dan RNA juga harus terpenuhi.

Apakah ini berarti, hanya Bumi saja satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di alam semesta yang super luas ini??

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar