Hasil Tes DNA Purba Menguak Misteri Dua Mumi Mesir


Minggu, 21 Januari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Hasil Tes DNA Purba Menguak Misteri Dua Mumi Mesir

Para ilmuwan akhirnya berhasil memecahkan misteri hubungan antara dua mumi yang berusia 4.000 tahun. Mumi yang ditemukan sekitar satu abad yang lalu di sebuah desa 250 mil selatan Kairo ini, ada sebanyak dua mumi, yaitu milik Khnum-Nakht dan Nakht-Ankh, yang diyakini berasal dari sekitar tahun 1800 SM.

Para ilmuwan berpikir, bahwa bisa jadi kedua mumi tersebut memiliki garis keturunan yang sama, mumi tersebut memiliki nama perempuan 'Khnum-Aa' yang tertulis di peti mati mereka, menunjukkan bahwa mereka sebenarnya adalah saudara kandung yang pernah dikebumikan di dalam kuburan yang sama.

Baca Juga:

Hasil Tes DNA Purba Menguak Misteri Dua Mumi Mesir

Sebenarnya, untuk mengonfirmasikan hal ini merupakan tantangan selama bertahun-tahun, dengan beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mereka mungkin bahkan tidak terkait sama sekali.

Namun kini, berkat teknik analisis DNA modern, para ilmuwan akhirnya dapat membuktikan sekali dan untuk semua bahwa kedua mumi itu memang terkait, mereka adalah dua bersaudara memiliki ibu yang sama tapi ayah yang berbeda.

Hasil Tes DNA Purba Menguak Misteri Dua Mumi Mesir
Dua Mumi bersaudara di Museum Manchester
____________________________________

Hasil Tes DNA Purba Menguak Misteri Dua Mumi Mesir
Dr Konstantina Drosou, dari Sekolah Ilmu Bumi dan Lingkungan 
serta Dr Campbell Price, Kurator Mesir dan Sudan
___________________________________

"Analisis sebelumnya tidak meyakinkan atau kontradiktif," kata rekan peneliti Dr Campbell Price. "Baru sekarang teknologi telah berkembang cukup jauh untuk memungkinkan jenis penelitian ini."

VIDEO PENJELASAN 2 MUMI BERSAUDARA

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar