Hujan Salju Antartika Meningkat Selama 200 Tahun Terakhir


Selasa, 10 April 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Hujan Salju Antartika Meningkat Selama 200 Tahun Terakhir

Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa hujan salju di Antartika telah naik sepuluh persen selama dua abad terakhir. Temuan yang dipresentasikan minggu ini pada pertemuan European Geosciences Union (EGU) di Wina, didasarkan pada studi komprehensif terhadap 79 inti es yang dikumpulkan dari seluruh Antartika.

"Analisis catatan inti es memungkinkan kami merekonstruksi salju selama beberapa ratus tahun," kata penulis utama Dr Liz Thomas dari British Antarctic Survey. "Hasil baru kami menunjukkan perubahan signifikan dalam keseimbangan massa permukaan (dari hujan salju) selama abad kedua puluh."

Baca Juga:

Hujan Salju Antartika Meningkat Selama 200 Tahun Terakhir

"Kontribusi terbesar berasal dari Semenanjung Antartika, di mana hujan salju tahunan rata-rata selama dekade pertama abad ke-21 adalah 10% lebih tinggi daripada pada periode yang sama pada abad ke-19."

Para peneliti telah tertarik untuk menekankan bahwa bagaimanapun temuan ini tidak bertentangan dengan fakta bahwa hilangnya es massal di bagian Antartika telah berkontribusi terhadap peningkatan permukaan laut global.

Hujan Salju Antartika Meningkat Selama 200 Tahun Terakhir
Dr Liz Thomas, penulis utama, mengukur inti es di lapangan
_____________________________________________________

"Ada upaya internasional untuk membuat simulasi komputer tentang kenaikan permukaan laut di masa mendatang di dunia yang memanas," kata Dr. Thomas. "Ini kompleks dan menantang bagi para ilmuwan untuk sepenuhnya memahami dan menafsirkan perubahan dalam es yang kita saksikan terjadi hari ini."

Apakah ini merupakan bencana akibat pemanasan global? Atau justru sebaliknya, meningkatnya hujan salju ini dapat mengimbangi lonjakan permukaan laut global akibat es yang mencair.

Kita berharap saja hal yang baik untuk planet kita.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar