Lava Letusan Mauna Ulu di Hawaii Membentuk Kubah


Senin, 09 April 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Lava Letusan Mauna Ulu di Hawaii Membentuk Kubah

Kubah magma cair yang menakjubkan ini difoto di Hawaii oleh US Geological Survey. Pemandangan luar biasa dan langka ini, naik hingga setinggi 65 kaki selama tiga hari, ditangkap dengan kamera selama letusan Mauna Ulu yang berlangsung terus-menerus selama 5 tahun di Gunung Api Kilauea Hawaii pada tahun 1969. Pemandangan kubah lava itu terlihat sangat aneh dan tentunya menakutkan.

Air mancur lava seperti ini terjadi ketika gelembung gas dari ventilasi, celah dan tabung lava dengan cepat terbentuk dan menyebabkan pancaran besar lava untuk naik ke udara.

Baca Juga:

Lava Letusan Mauna Ulu di Hawaii Membentuk Kubah

Luar biasa, yang terbesar dari mereka dapat tumbuh hingga lebih dari 500 meter.

"Sebuah kubah air mancur lava yang sangat simetris kadang-kadang setinggi 20 m tetapi biasanya setengahnya, sering menggenang dari kompartemen timur dari ventilasi selama beberapa jam," tulis para peneliti.

Lava Letusan Mauna Ulu di Hawaii Membentuk Kubah

"Sebagian besar lahar dari air mancur ini mengalir jauh dari lubang angin, tetapi beberapa membentuk sungai sempit yang mengalir kembali ke kompartemen barat."

"Setiap beberapa detik, gas meledak secara eksplosif dari kompartemen barat, membawa rintik-rintik yang mungkin berasal dari drainase lava."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar