Ternyata, Galaksi Andromeda Ukurannya Sebanding Bima Sakti


Sabtu, 17 Februari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ternyata, Galaksi Andromeda Ukurannya Sebanding Bima Sakti

Galaksi tetangga kita yang bernama Andromeda, sebelumnya sempat dikatakan memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada galaksi kita sendiri. Namun kini, ilmuwan mengklaim galaksi tetangga kita bukanlah raksasa yang sebelumnya dipikirkan oleh ilmuwan.

Sampai sekarang, galaksi Andromeda dianggap jauh lebih besar daripada Bima Sakti, dan sebuah fakta yang bisa menimbulkan konsekuensi mengerikan bagi galaksi kita sendiri adalah saat keduanya bertabrakan dalam kurun waktu beberapa miliar tahun lagi. Sebab, saat ini galaksi Andromeda sedang bergerak menuju galaksi kita meluncur sekitar 250.000 mil per jam. Proses perkiraan tabrakan ini bisa Anda lihat di video bawah.

Baca Juga:

Ternyata, Galaksi Andromeda Ukurannya Sebanding Bima Sakti

Menurut sebuah studi baru oleh para ilmuwan di International Center for Radio Astronomy Research (ICAR), mengatakan bahwa kedua galaksi tersebut sebenarnya berukuran kira-kira sama.

Menghitung massa galaksi bukanlah tugas yang mudah, terutama mengingat sebagian besar terdiri dari lubang hitam dan materi gelap yang bertentangan dengan bintang yang terlihat. Untuk menemukan jawabannya, para peneliti ICAR menggunakan metode baru berdasarkan pengamatan bintang sangat cepat yang dilakukan oleh teleskop William Herschel.

Dengan menentukan kecepatan pelarian dari galaksi (kecepatan suatu benda yang melewati untuk menghindari orbit galaksi) dan kemudian bekerja mundur, maka massa Andromeda bisa dihitung.

Jawabannya adalah massa Andromeda memiliki antara 800 miliar dan 1,2 triliun massa matahari. Sedangkan massa Bima Sakti sendiri diperkirakan adalah 700 miliar massa matahari, yang berarti ukurannya tidak terlalu jauh berbeda.

VIDEO TABRAKAN GALAKSI

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar