Neanderthal Adalah Pencipta Seni Gua Tertua


Sabtu, 24 Februari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Neanderthal Adalah Pencipta Seni Gua Tertua

Sebuah studi baru telah menemukan bahwa bukanlah manusia, melainkan Neanderthal adalah pencipta lukisan gua tertua di dunia. Gagasan bahwa Neanderthal tidak mampu memproduksi seni telah ada selama bertahun-tahun, namun sekarang hasil sebuah studi baru yang dipimpin oleh University of Southampton dan Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusioner mungkin akhirnya membuat gagasan ini tersingkir selamanya.

Dengan menggunakan teknik mutakhir yang dikenal sebagai penentuan tanggal berdasarkan uranium-thorium, para periset dapat mengabadikan tiga lukisan gua di Spanyol yang berusia lebih dari 64.000 tahun, yang berarti bahwa mereka diciptakan 20.000 tahun penuh sebelum manusia modern bahkan tiba di benua Eropa.

Baca Juga:

Neanderthal Adalah Pencipta Seni Gua Tertua

Penemuan ini menunjukkan bahwa Neanderthal-lah yang menciptakan lukisan, yang berarti bahwa sepupu kita yang telah lama hilang mungkin benar-benar sama cerdasnya dan mampu seperti nenek moyang kita sendiri.

"Ini adalah penemuan yang sangat menarik yang menunjukkan bahwa Neanderthal jauh lebih canggih daripada yang diyakini secara populer," kata penulis studi gabungan, Dr Chris Standish.

Kemungkinan besar, Neanderthal akan sangat mirip dengan manusia modern.

Neanderthal Adalah Pencipta Seni Gua Tertua

"Segera setelah penemuan fosil pertama mereka di abad ke-19, Neanderthal digambarkan sebagai makhluk kasar dan tidak berbudaya, tidak mampu dalam berkarya seni dan perilaku simbolis, serta beberapa dari pandangan ini bertahan sampai sekarang," kata Alistair Pike, Profesor Ilmu Arkeologi di Universitas Southampton.

"Masalah bagaimana manusia seperti Neanderthal berperilaku adalah isu yang diperdebatkan dengan hangat. Temuan kami akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perdebatan tersebut."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar