Gudang Benih Persiapan Kiamat Mencapai Satu Juta Benih


Selasa, 27 Februari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Gudang Benih Persiapan Kiamat Mencapai Satu Juta Benih

Masih ingat dengan hebohnya berita bahwa dunia akan kiamat pada Desember 2012 yang lalu? Nah, saking hebohnya banyak sekali berbagai macam persiapan telah dilakukan oleh beberapa orang atau negara, salah satunya adalah dibangunnya sebuah bangunan kubah besar yang dikhususkan untuk menyimpan berbagai macam benih pangan dari seluruh dunia.

Dibangun dan pertama kali dibuka pada Februari 2008, berada sekitar 810 mil dari Kutub Utara, Svalbard Global Seed Vault adalah penyimpanan bawah tanah yang menyimpan sampel benih tanaman pangan jika terjadi bencana global. Kiriman terakhir sampai di fasilitas tersebut telah mencatat jumlah simpanannya mencapai 1.059.646.

Baca Juga:

Gudang Benih Persiapan Kiamat Mencapai Satu Juta Benih

Kini, tepat pada waktunya untuk peringatan 10 tahun kubah itu berdiri, sebuah konsinyasi dari 70.000 tanaman baru telah membawa jumlah total deposit yang tersimpan di fasilitas tersebut menjadi lebih dari satu juta.

Beberapa tambahan baru termasuk benih kentang bawang Estonia yang agak tidak biasa dan sejenis jelai yang biasanya digunakan untuk menyeduh bir Irlandia.

"Mencapai angka jutaaan benar-benar sangat signifikan," kata Hannes Dempewolf, seorang ilmuwan senior di Crop Trust. "Beberapa tahun yang lalu saya tidak berpikir kita akan sampai di sana."

Mungkin nantinya, jumlah varietas benih yang akan tersimpan di lemari besi tersebut bias juga melebihi dua juta.

"Svalbard Global Seed Vault adalah ikon pengingat dari upaya konservasi yang luar biasa yang terjadi setiap hari, di seluruh dunia dan seputar waktu, upaya untuk melestarikan benih tanaman pangan kita," kata direktur eksekutif Crop Trust, Marie Haga.

VIDEO GUDANG BENIH MENGHADAPI KIAMAT

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar