'Anomali Karakoram' Menentang Perubahan Iklim


Rabu, 09 Agustus 2017
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] 'Anomali Karakoram' Menentang Perubahan Iklim

Sebuah 'pusaran' udara dingin di atas pegunungan Karakoram telah menyebabkan gletser terus tumbuh. Fenomena aneh ini, telah dijuluki sebagai 'anomali Karakoram', yang telah dipelajari baru-baru ini oleh para ilmuwan di Universitas Newcastle di Inggris dan diperkirakan menjelaskan bagaimana gletser di beberapa bagian Himalaya telah bertindak secara berbeda terhadap sebagian besar bagian lain dari dunia.

Selama musim dingin, pusaran tersebut diperkirakan mempengaruhi suhu di seluruh pegunungan, namun di musim panas ia berkontraksi dan pengaruhnya terus mempengaruhi hanya di Karakoram dan Pamir barat saja.

Baca Juga:

Anomali Karakoram Menentang Perubahan Iklim

"Sementara kebanyakan gletser mundur akibat pemanasan global, namun gletser kisaran Karakoram di Asia Selatan tetap stabil atau bahkan terus tumbuh," kata rekan penulis studi Profesor Hayley Fowler.

"Sebagian besar model iklim menunjukkan pemanasan di seluruh wilayah di musim panas dan juga di musim dingin."

"Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa sirkulasi berskala besar mengendalikan variabilitas regional pada suhu atmosfer, dengan pendinginan suhu musim panas yang baru saja terjadi."

Anomali Karakoram Menentang Perubahan Iklim

"Sistem sirkulasi ini, saat ini memberikan efek peredam pada pemanasan global, mengurangi melelehnya glasial di wilayah Karakoram dan setiap perubahan akan memiliki efek signifikan pada tingkat lelehan es, yang pada akhirnya akan mempengaruhi arus sungai di wilayah ini."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar