Mikroba Bisa Bertahan Hidup di Bagian Laut Terdalam


Rabu, 12 April 2017
Label: ,

[Sains Box] Para peneliti telah menemukan bukti mikroba yang masih hidup berada di kedalaman enam mil di bawah Palung Mariana. Semakin kita menggali ke bagian terdalam, daerah tergelap dan paling tidak ramah dari planet kita, semakin kita menyadari betapa tangguhnya bentuk kehidupan yang bisa bertahan disana.

Bagian terdalam dari laut, khususnya kedalaman Palung Mariana, telah menunjukkan bahwa kehidupan dapat menemukan cara untuk bertahan hampir di mana saja.

Mikroba Bisa Bertahan Hidup di Bagian Laut Terdalam

Baca Juga:

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menganalisis sampel yang diambil dari gunung bawah laut Selatan Chamorro dan menemukan indikasi bahwa mikroba sebenarnya bisa hidup ditempat lebih dalam selama masih dalam zona subduksi di bawah palung, tempat di mana lempeng Pasifik tektonik slip di bawah lempeng Laut Filipina.

"Ini adalah petunjuk lain dengan hal besar, biosfer di planet kita," kata pemimpin studi Oliver Plumpe dari Belanda Utrecht University. "Ini bisa sangat besar atau sangat kecil, tapi pasti ada sesuatu yang terjadi yang kita tidak mengerti sebelumnya."

Penemuan ini menunjukkan bahwa kehidupan bisa bertahan baik berada di bawah permukaan planet, sehingga memperluas kemungkinan untuk menemukan mikroba di Mars, Europa dan di tempat lainnya.

Mikroba Bisa Bertahan Hidup di Bagian Laut Terdalam

Mikroba Bisa Bertahan Hidup di Bagian Laut Terdalam

"Saya pikir hal utama yang dibawa pulang dari makalah ini adalah bagaimana ini memiliki potensi untuk menempatkan kehidupan di beberapa lingkungan terdalam di planet ini," kata geomicrobiologist Matthew Schrenk.

"Jika kita sedang mencari batas-batas kedalaman biosfer, ini bisa mengembangkannya lebih banyak."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar