Menguak Rahasia Misteri Perjalanan Waktu, “Time Travel”


Senin, 10 April 2017
Label: , ,

[Sains Box] Di jaman yang sudah serba canggih ini, dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, dari sesuatu yang sebelumnya 'tidak mungkin' kini satu-persatu dapat menjadi 'mungkin' dan diwujudkan menjadi nyata. Dan juga banyak teknologi-teknologi yang sebelumnya hanya ada di dunia film kini dapat dibuat dalam kenyataan.

Hanya saja, ada satu teknologi yang hingga saat ini masih menjadi angan-angan para ilmuwan untuk mewujudkannya menjadi nyata, yaitu “mesin waktu”. Seperti yang seringkali kita dengar tentang mesin waktu yang ada pada serial film sci-fi, bahwa mesin waktu akan dapat membawa kita menelusuri ruang dan waktu, membawa kita masuk ke masa depan atau kembali ke masa lalu, yang lebih dikenal sebagai “Time Travel”.

Menguak Rahasia Misteri Perjalanan Waktu, Time Travel

Baca Juga:

Tentunya ini akan sangat sulit untuk dapat diterima secara logika. Meskipun pada kenyataannya semakin banyak hasil penelitian para ilmuwan yang mulai mengarah kepada hal itu. Seperti ditemukannya “Gelombang gravitasi Einstein” yang pada awalnya ini hanyalah sesuatu yang tidak mungkin dalam hukum fisika. Namun, gelombang gravitasi Einstein ini telah terdeteksi keberadaannya oleh para peneliti berasal dari dua lubang hitam. Gelombang ini terkait dengan keberadaan riak ruang-waktu alam semesta. Apakah dengan penemuan ini, maka akan sangat mungkin untuk kita dapat menemukan 'mesin waktu'?

Sesuatu yang sebelumnya hanya sebuah teori yang diungkap oleh Einstein, kini mulai terkuak. Para ilmuwan pun mulai bermain-main di dalamnya. “Teori Relativitas” adalah awal mula dari semua ini. Permulaan yang mengungkap tentang bagaimana mungkin kita bisa membengkokkan waktu. Yang menjadi dasar dari apa yang sedang direncanakan oleh para ahli astronomi untuk melakukan perjalanan ruang angkasa melampaui kecepatan cahaya. Dan usut punya usut, sebuah perangkat yang bernama EmDrive sudah berhasil dibuat yang konon katanya akan menjadi awal revolusi bagi penerbangan di ruang angkasa dengan kecepatan yang lebih dikenal sebagai kecepatan “Warp”.

Lalu, apakah suatu saat kita benar-benar akan dapat melakukan “Time Travel”?

Sebuah pertanyaan yang akan sangat sulit untuk dijawab. Namun, bagaimana jika seandainya kita berkhayal saja untuk mewujudkannya, agar kita benar-benar paham dan mengerti rahasia di balik perjalanan waktu ini.

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah teori relativitas. Di kelas, pasti yang Anda tahu tentang teori ini hanyalah melalui rumus-rumus yang lumayan njlimet. Sehingga akan membuat kita malas untuk mempelajarinya. Namun inti dari teori ini yang harus Anda pahami adalah bahwa ketika kita berkendaraan dengan kecepatan yang sangat tinggi dan menyalip kendaraan yang berada di depan kita, maka kita dapat menghitung kecepatan kendaraan yang sudah kita salip itu mendekati nol. Seperti itulah teorinya.

Menguak Rahasia Misteri Perjalanan Waktu, Time Travel

Namun, untuk memahami rahasia Time Travel, kita bukan hanya butuh memahami teori relativitas saja, kita bahkan butuh lebih dari itu, lebih dari sekedar berkhayal atau membutuhkan daya imajinasi yang super tinggi agar kita dapat benar-benar mengetahui ada rahasia penting seperti apa dalam perjalanan waktu. Kita harus benar-benar berkhayal lebih gila, biarkan saja orang-orang lain menyebut kita gila, toh antara gila dan jenius itu memiliki batas yang sangat tipis. Ingatlah bahwa Einstein pun pernah dibilang gila.

Sekarang, marilah kita berkhayal bahwa kita mempunyai kemampuan super yang bisa melakukan gerakan super cepat melebihi kecepatan cahaya. Bahkan melebihi tokoh superhero The Flash atau pun sejenisnya.
Menguak Rahasia Misteri Perjalanan Waktu, Time Travel
Nah, sudah jelas bukan? Kendaraan yang akan dapat membawa kita melakukan perjalanan waktu adalah kendaraan yang dapat melesat melampaui kecepatan cahaya, atau merubah tubuh kita menjadi bentuk energi. Sayangnya, kedua pilihan tersebut masih sangatlah jauh untuk dapat diwujudkan, bahkan teknologi EmDrive sendiri yang konon dapat mewujudkan kecepatan Warp hingga kini masih jauh dari kata 'sempurna'. Dan merubah tubuh kita menjadi energi, itu sangatlah tidak mungkin, karena jika itu mungkin, apa yang dinamakan 'Teleportasi' pasti sudah terwujud. Sayangnya teleportasi untuk makhluk hidup juga belum benar-benar ada.

Jadi, entah kapan Time Travel benar-benar akan dapat terwujud. Yang pasti saat ini Anda sudah mengetahui rahasia misteri dibalik perjalanan waktu dari imajinasi Anda barusan.

Dan satu hal yang menjadi catatan, jika mesin waktu benar-benar tercipta, maka yakinlah dunia ini akan menjadi 'super kacau'. Itu menurut saya, bagaimana menurut Anda?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(thanks for Abu Fadhlan with this amazing theory)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar