Atmosfer Ditemukan di Sekitar Planet Mirip Bumi


Sabtu, 08 April 2017
Label:

[Sains Box] Para astronom telah mendeteksi adanya atmosfer di sekitar planet GJ 1132b, yaitu sebuah planet yang terletak 39 tahun cahaya dari Bumi. Ini merupakan yang pertama kalinya, atmosfer di sekitar dunia mirip Bumi ditemukan di orbit sekitar bintang yang jauh telah terdeteksi langsung oleh para ilmuwan. Ini adalah terobosan yang akan membawa kita satu langkah lebih dekat untuk menemukan dunia luar bumi yang dihuni di luar tata surya kita.

Planet GJ 1132b merupakan planet yang berukuran 1,4 kali ukuran Bumi, diyakini memiliki atmosfer yang sangat tebal yang terdiri dari air, metana atau campuran dari keduanya.

Atmosfer Ditemukan di Sekitar Planet Mirip Bumi

Baca Juga:

Sayangnya, meskipun dalam kasus ini, mengingat bahwa suhu permukaan GJ 1132b dianggap lebih dari 370 C, kemungkinan adanya kehidupan di dunia asing ini memang sangat tipis.

"Setahu saya suhu terpanas yang mampu membuat kehidupan bertahan hidup di Bumi adalah 120 C dan planet itu juga jauh lebih dingin dari planet ini," kata pemimpin peneliti Dr John Southworth.

Planet GJ 1132b dianggap terlalu panas untuk mendukung kehidupan.

Meskipun demikian, berhasil mendeteksi atmosfer di sekitar planet yang jauh merupakan prestasi yang sangat penting dalam upaya pencarian planet layak huni.

Ketika James Webb Space Telescope diluncurkan tahun depan, seharusnya menjadi mungkin untuk menganalisis atmosfer seluruh host dunia extrasolar yang ditemukan sebelumnya.

"Apa yang kami telah tunjukkan bahwa planet di sekitar bintang bermassa rendah dapat memiliki atmosfer dan karena ada begitu banyak dari mereka di alam semesta ini, maka hal itu akan membuatnya jauh lebih mungkin bahwa salah satunya bisa jadi memiliki kehidupan," kata Dr Southworth.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar