Wolf 1061c, Exoplanet Terdekat Berpotensi Layak Huni


Minggu, 05 Februari 2017
Label:

[Sains Box] Para astronom percaya bahwa planet yang terletak 14 tahun cahaya dari Bumi ini mungkin menjadi tempat yang menjanjikan untuk mencari kehidupan asing. Awalnya ditemukan oleh Stephen Kane dari San Francisco State University, planet yang diberi nama Wolf 1061c ini tampaknya terletak dalam zona layak huni bintangnya, yaitu sebuah wilayah di mana suhu tepat untuk air cair ada di permukaannya.

"Wolf 1061 sistem ini penting karena begitu dekat dan yang memberikan kesempatan lain untuk melakukan tindak lanjut penelitian untuk melihat apakah planet itu memang memiliki kehidupan," kata Kane.

Wolf 1061c, Exoplanet Terdekat Berpotensi Layak Huni

Baca Juga:

Planet tersebut awalnya tampak terlalu dekat dengan bintangnya, yang menunjukkan bahwa planet itu akan menjadi terlalu panas untuk mendukung kehidupan, namun orbitnya sekarang dianggap begitu kacau dan kemungkinan akan mengalami periode dingin biasa yang bisa membantu untuk membuat kondisinya lebih menarik.

"Sebuah komponen penting dari studi exoplanetary adalah karakterisasi lengkap dari bintang tuan rumah, dari mana sifat planet sering diturunkan," tulis Kane dan timnya.

Wolf 1061c, Exoplanet Terdekat Berpotensi Layak Huni

"Berdasarkan nilai tertentu yaitu radius, suhu, dan luminositas, merupakan kunci parameter bintang utama untuk studi transit dan ilmu kelayakhunian."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar