'Benua Kuno yang Hilang' ditemukan di bawah Mauritius


Sabtu, 04 Februari 2017
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah menemukan bukti kuat dari keberadaan benua kuno yang tersembunyi jauh di bawah Samudera Hindia. Diyakini sebagai sisa-sisa dari superbenua yang dikenal sebagai Gondwana yang terbentuk sekitar 500 juta tahun yang lalu, daratan tersembunyi ini ditemukan oleh para ilmuwan yang sedang mempelajari mineral di Pulau Mauritius.

Keberadaan pulau itu sendiri hanya ada sekitar 9 juta tahun yang lalu setelah serangkaian letusan gunung berapi, tapi sekarang setelah adanya penemuan mineral zircon (sejenis mineral tahan lama ditemukan di granit) telah menguak sesuatu yang jauh lebih tua terletak jauh di bawahnya.

Benua Kuno yang Hilang ditemukan di bawah Mauritius
Kepulauan Mauritius

Baca Juga:

"Bumi terdiri dari dua bagian - benua, yang sudah tua, dan lautan, yang 'muda'," kata pemimpin penulis studi Profesor Lewis Ashwal. "Di benua, Anda menemukan batu yang berusia lebih dari empat miliar tahun, tetapi Anda tidak menemukan apa-apa seperti itu di lautan, karena ini adalah di mana batuan baru terbentuk."

Benua Kuno yang Hilang ditemukan di bawah Mauritius

Benua Kuno yang Hilang ditemukan di bawah Mauritius

"Mauritius adalah sebuah pulau, dan tidak ada batu berusia lebih tua dari 9 juta tahun di pulau itu. Namun, dengan mempelajari batuan di pulau, kami telah menemukan zircon yang setua 3 miliar tahun."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar