Penemuan Patung Firaun 'Ramses II' digali di Mesir


Sabtu, 11 Maret 2017
Label:

[Sains Box] Arkeolog mengatakan ini adalah sebuah 'penemuan besar' di Mesir, mereka telah mengkonfirmasi sebuah penemuan objek yang diduga merupakan patung Ramses II berasal 3.000 tahun yang lalu. Patung ini ditemukan di perkampungan kumuh di Kairo, Mesir.

Dipuji oleh Departemen Benda Purbakala Mesir sebagai salah satu penemuan yang paling penting dalam beberapa tahun terakhir, patung besar ini berada terendam dalam air tanah di dekat lokasi kota kuno Heliopolis.

Penemuan Patung Firaun Ramses II digali di Mesir

Baca Juga:

Ramses II (atau Ramses the Great) adalah salah satu penguasa yang paling kuat di Mesir. Ketiga dari Dinasti Ke-19 Mesir, ia diyakini telah memerintah pada tahun 1279-1213 SM.

Mulanya objek besar dan tinggi itu nyaris tak terlihat, ia berbaring menyamping di sebuah lubang berlumpur antara dua bangunan apartemen di timur laut Kairo. Tapi dikarenakan air limbah terkuras habis dan kotoran pun dikeruk, para penonton di lingkungan kelas pekerja terkejut menemukan onggokan benda seperti patung yang berukuran besar. Hanya beberapa yard dari tempat wanita menggantung cucian keluarga mereka dan pedagang menjual makanan di jalanan, patung itu muncul yang diyakini sebagai patung firaun yang paling terkenal di Mesir.

Penemuan Patung Firaun Ramses II digali di Mesir

"Selasa lalu mereka menelepon saya untuk mengumumkan penemuan besar dari raja terkenal, kemungkinan besar Ramses II, terbuat dari kuarsit," kata Menteri Benda Purbakala, Khaled al-Anani.

Patung kuarsit yang ada di lingkungan Matariyyah dari Kairo tersebut ditemukan oleh tim arkeologi Jerman-Mesir, dipecah menjadi beberapa bagian, yang pertama kali ditemukan adalah bagian dada sebelum menemukan rahang dan kemudian akhirnya mahkota.

"Kami menemukan bagian dada patung dan bagian bawah kepala, setelah itu kami menemukan mahkota dan telinga kanan lalu sebuah fragmen dari mata kanan."

Bagian atas mahkota, begitu besar sehingga harus dikemas dalam lumpur dan diangkat dari parit dengan excavator sebelum bisa dibersihkan.

Penemuan Patung Firaun Ramses II digali di Mesir

Penemuan Patung Firaun Ramses II digali di Mesir

"Semua orang benar-benar terkejut dengan skala patung," kata Nigel Hetherington, seorang Egyptologist Inggris. "Saya tidak berpikir siapa pun menyadari betapa dramatis itu akan terlihat dan mungkin masih ada lagi yang akan ditemukan."

Sebuah patung yang lebih kecil dari Firaun Seti II, cucu Ramses II, juga ditemukan dan digali di situs tersebut. Meskipun jauh lebih kecil dari patung lainnya, para ahli mengatakan pekerjaan kapur menampakkan detail artistik yang baik.

Para ahli yang bertugas dalam penggalian harus ekstra hati-hati, agar kemudian dapat memulihkan kedua patung sehingga mereka dapat ditampilkan di pintu.

Penemuan ini telah membuat kagum masyarakat baik arkeolog maupun warga Matariyyah, yang berkumpul untuk melihat-lihat dan mengambil foto narsis dengan patung berusia 3.000 tahun yang tanpa disadari selama ini oleh mereka telah terkubur tepat di bawah kaki mereka.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar: