Pemakaman Perahu Viking Misterius Penuh Artefak


Selasa, 14 Februari 2017
Label:

[Sains Box] Pemakaman perahu telah ditemukan di Skotlandia Barat, dimana terdapat koleksi barang-barang berharga dalam kuburan itu, yang menunjukkan bahwa orang yang berada di dalam kuburan tersebut adalah individu yang menonjol. Sebuah perahu yang berusia sekitar 1.000 tahun telah diidentifikasi sebagai makam status tinggi bangsa Viking ini telah mengungkapkan beberapa rahasia, menurut laporan rinci pertama dari penemuan ikonik.

Makam tersebut awalnya ditemukan pada tahun 2011 di semenanjung Ardnamurchan di Skotlandia barat, berisi kumpulan barang berharga yang ikut dikuburkan. Ini merupakan penemuan pertama pemakaman perahu Viking yang ditemukan di daratan Inggris.

Pemakaman Perahu Viking Misterius yang Penuh Artefak

Baca Juga:

Teknik pemakaman perahu Viking telah didokumentasikan di negara-negara Skandinavia, tapi cukup langka. Teknik ini melibatkan penggunaan perahu sebagai peti mati bagi tubuh seseorang yang dikuburkan. Arkeolog memperkirakan bahwa perahu yang digunakan untuk mengubur tersebut berasal dari akhir abad ke-9 atau awal abad ke-10, pada saat Viking masih menjajaki dan perdagangan di sepanjang Kepulauan Inggris.

Sebuah investigasi mendalam, yang diterbitkan dalam jurnal Antiquity, telah mengungkapkan banyak dari ritual Viking yang terlibat dalam penguburan di bagian ini jauh dari Skotlandia. Namun, beberapa diantaranya tetap masih misteri.

Kuburan perahu yang baru ditemukan itu sudah membusuk ke dalam tanah, tidak ada lagi sisa-sisa dari bangkai perahu, sama seperti tulang dari individu yang dimakamkan. Namun hanya ada sisa dua gigi manusia. Tidak ada peneliti yang dapat menyimpulkan siapa yang dikuburkan dalam makam perahu tersebut, namun menurut mereka itu adalah kuburan perahu perempuan.

"Pemakaman ini adalah mungkin makam manusia -. Tapi karena kita hanya memiliki dua gigi yang bertahan, maka tidak mungkin untuk menjadi definitif. Jadi ada banyak kemungkinan, tapi tidaklah mungkin, bahwa ini adalah kuburan seorang wanita," ungkap Oliver Harris, co -director dari Transisi Proyek Ardnamurchan (ATP) di University of Leicester, Sekolah Arkeologi dan Sejarah Kuno.

Pemakaman Perahu Viking Misterius yang Penuh Artefak

Ritual penguburan dimulai dengan potongan bentuk perahu ke gundukan alami kecil, batu pantai bulat. Perahu itu kemudian dimasukkan dan tubuh itu ditempatkan di dalamnya, lalu dikelilingi oleh berbagai artefak termasuk pedang, kapak, bejana minum tanduk, bos perisai, sendok, sabit dan pin bercincin.

"Tidak ada hal-hal yang berkaitan perempuan dalam kuburan, meskipun tentu saja ada banyak benda - sabit, sendok, pisau, pin bercincin – namun itu bukan benda yang terkait baik dengan laki-laki," kata Harris.

Kuburan itu dipenuhi ke atas dengan bebatuan yang mungkin telah diambil dari kuburan Neolitik terdekat (tumpukan batu yang dibuat oleh manusia).

"Artefak yang ditemukan dalam perahu, tombak dan bos perisai, berada lebih tinggi di pemakaman, disimpan sebagai bagian dari penutupan monumen," tulis para peneliti.

Tombak itu sengaja dirusak sebelum disimpan, menunjukkan beberapa bentuk ritual yang terkait dengan proses penguburan. Para arkeolog juga menemukan 213 paku keling perahu. Dari garis besar perahu terkesan ke dalam tanah, mereka mendirikan perahu dengan ukuran 16 kaki panjangnya dan akan menjadi perahu dayung kecil, mungkin menyertai sebuah kapal yang lebih besar.

Pemakaman Perahu Viking Misterius yang Penuh Artefak

Lalu analisis isotop gigi sendiri menunjukkan bahwa almarhum kemungkinan dibesarkan di Skandinavia. Analisis ini juga mengungkap tentang pasokan makanan mereka yang tidak biasa pada saat itu.

"Saklar dalam diet mungkin menunjukkan ada beberapa kekurangan dalam makanan untuk jangka waktu yang mengarah orang untuk makan lebih banyak ikan," kata Harris.

Namun, yang paling penting adalah pemakaman perahu Viking ini telah mengungkap hubungan antara Skotlandia dan dunia Viking pada waktu itu.

Menurut Colleen Batey, Dosen Senior di Arkeologi, University of Glasgow, barang-barang yang ditemukan dalam kuburan sangat signifikan. Dia menambahkan bahwa tidak ada hal-hal apapun dalam makam perahu yang mendukung identifikasi individu tersebut adalah perempuan.

Akan tetapi, kuburan perahu Viking perempuan memang pernah digali di masa lalu.

Salah satu penguburan perahu Viking paling terkenal pernah digali pada tahun 1945 di Isle of Man di Balladoole. Penguburan perahu ini menguburkan jenazah seorang pria, serta seorang wanita yang telah dikorbankan untuk ditambahkan ke dalam kuburan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar