Lebih Dari Enam Sinyal Radio Terdeteksi dari Luar Galaksi


Minggu, 25 Desember 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah mendeteksi sebanyak enam sinyal lebih semburan radio misterius yang berasal dari luar galaksi kita. Ini adalah fenomena yang telah berhasil menentang penjelasan selama bertahun-tahun. Semburan kuat dari gelombang radio yang berasal dari jauh di luar galaksi kita sendiri benar-benar membuat para ilmuwan garuk-garuk kepala. Meskipun berlangsung hanya dalam milidetik, namun menghasilkan energi sebanyak Matahari, dan itu tidak dalam satu hari.

Awal tahun ini, sepuluh dari semburan sinyal radio tersebut berhasil terdeteksi lagi berasal dari satu wilayah di ruang angkasa dan enam dari mereka telah terdeteksi berasal dari lokasi yang sama.

Lebih Dari Enam Sinyal Radio Terdeteksi dari Luar Galaksi

Baca Juga:

Secara umum semburan ini sangat sulit untuk dipelajari, bukan karena mereka jarang, tetapi karena mereka begitu singkat dan tiba-tiba sehingga menjadi sebuah tantangan untuk dapat mendeteksi keberadaan mereka.

Satu teori adalah bahwa semburan tersebut adalah hasil produksi oleh tabrakan dua bintang neutron, yaitu sebuah momen yang menghasilkan lubang hitam, namun ini tidak menjelaskan sifat berulang dari fenomena tersebut.

Penjelasan yang lebih masuk akal lagi adalah bahwa semburan itu diproduksi oleh sebuah bintang neutron muda yang berputar dengan kekuatan yang cukup untuk memancarkan getaran secara teratur.

Tetap saja hingga saat ini para ilmuwan masih tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar