Sekelompok Bintang Raksasa Terpotret Oleh Hubble


Kamis, 24 Maret 2016
Label:

[Sains Box] Teleskop luar angkasa Hubble telah sukses mengirimkan foto-foto sekelompok bintang-bintang besar pada jarak lebih dari 170.000 tahun cahaya. Terletak di tepi galaksi Bima Sakti, bintang-bintang kolosal tersebut beberapa bintang nampak sebelumnya tidak diketahui oleh para astronom. Meskipun bintang itu memiliki massa lebih dari 100 kali massa matahari.

"Dalam secuil lingkup galaksi kita ini, kita melihat mungkin beberapa lusin bintang dengan lebih dari 100 kali massa matahari, sembilan dari mereka berada dalam jarak dekat dengan inti galaksi hanya beberapa tahun cahaya saja," kata Prof Paul Crowther dari Sheffield University. "Tapi angka dua lusin tersebut, mungkin akan bertambah lebih banyak jenis bintang lagi untuk seluruh Galaksi Bima Sakti."

Sekelompok Bintang Raksasa Terpotret Oleh Hubble

Baca Juga:

Hal ini tidak jelas bagaimana sebuah kelompok bintang besar yang begitu jauh terbentuk dan terkonsentrasi, namun Prof Crowther berpendapat bahwa hal itu bisa terjadi karena gas dan debu menjadi terkompresi ketika berada dekat sebuah galaksi, contohnya Awan Magellan Besar yang tampak mengitari wilayah tersebut.

Mengingat tingkat tinggi di mana bintang raksasa ini menumpahkan massa dan mengeluarkan energinya, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa mereka tidak akan bertahan selama lebih dari beberapa juta tahun.

Sekelompok Bintang Raksasa Terpotret Oleh Hubble

Sekelompok Bintang Raksasa Terpotret Oleh Hubble

"Banyak bintang-bintang ini yang akan menjadi bintang kembar atau berpasangan, dan ketika mereka mati mereka akan menghasilkan lubang hitam, yang akan saling bergabung di beberapa titik redup dan jauh di masa depan," katanya.

"Ketika mereka melakukan itu, mereka akan menghasilkan gelombang gravitasi."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar