Hawking dan NASA, Kembangkan Probe Mini Angkasa


Kamis, 15 Desember 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Profesor Stephen Hawking telah bekerja sama dengan NASA untuk merancang dan mengembangkan pesawat nano luar angkasa antarbintang. Seperti yang pernah mereka ungkap pada bulan April yang lalu, miliarder Yuri Milner dan fisikawan Stephen Hawking mengungkap bahwa sebuah proyek baru yang dikenal sebagai 'Breakthrough Starshot' sedang dibuat bertujuan untuk mengirim pesawat ruang angkasa probe berukuran mini ke sistem Alpha Centauri dalam dua dekade dengan kecepatan hingga 20% dari kecepatan cahaya.

Sebagian besar probe kecil ini akan dipercepat hingga mencapai kecepatan dengan laser di permukaan bumi. Dilengkapi dengan kamera dan sensor lainnya, pesawat ruang angkasa ini akan mampu merekam data tentang sebuah planet yang jauh sebelum mentransmisikan informasi kembali ke Bumi.

Hawking dan NASA, Kembangkan Probe Mini Angkasa

Baca Juga:

Namun, menemukan cara untuk mengaktifkan probe miniatur ini agar dapat bertahan hidup selama dua dekade sementara ia akan terkena radiasi energi tinggi dari ruang angkasa adalah sebuah tantangan. Akan tetapi, NASA telah datang dengan kemajuan melalui beberapa cara yang mungkin bisa membantu memecahkan masalah ini.

Salah satunya akan melibatkan rencana rute tertentu yang menjauhi daerah-radiasi tinggi, namun hal ini bisa membuat perjalanan menjadi lebih lama dan mungkin tidak melindungi probe dalam jangka panjang.

Sebuah pilihan kedua adalah menginstal perisai elektromagnetik pada probe, tetapi ini juga akan membuktikan bermasalah karena akan meningkatkan ukuran, berat dan biaya pesawat ruang angkasa.

Hawking dan NASA, Kembangkan Probe Mini Angkasa
Ilustrasi probe Starshot Hawking

Namun masih ada pilihan lain, yaitu akan dibangun probe menggunakan microchip yang dapat memperbaiki dirinya, sebuah teknologi yang akan memungkinkan mereka untuk terus memperbaiki dari waktu ke waktu tidak peduli berapa banyak kerusakan yang dialami.

Meskipun begitu, proyek ini masih sangat banyak perkembangan dalam tahap perencanaan awal.

"Batas yang kita hadapi sekarang adalah ruang hampa yang besar antara kita dan bintang-bintang," kata Hawking.

"Tapi sekarang kita dapat melampaui itu. Dengan berkas cahaya, layar cahaya, dan pesawat ruang angkasa paling ringan yang pernah dibangun, kita dapat meluncurkan misi ke Alpha Centauri dalam satu generasi." ucapnya penuh keyakinan.

Kita tunggu saja seperti apa probe mini yang akan mereka buat. Semoga semua dapat berjalan lancar.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar