NASA dan FEMA Akan Menanggapi Ancaman Asteroid


Rabu, 09 November 2016
Label: ,

[Sains Box] Para pejabat NASA dan FEMA berkumpul bulan lalu untuk menanggapi hipotesis skenario kiamat akibat asteroid. Kemungkinan ini bisa saja terjadi, bahkan seringkali hal ini disinggung di beberapa buku dan film-film selama bertahun-tahun, tapi jika kita tiba-tiba mengetahui bahwa sebuah asteroid apokaliptik benar-benar menuju ke arah kita, bagaimana pemerintah dunia akan merespon untuk hal itu dan berapa banyak mereka akan memberitahu publik?

Baru-baru ini, 'latihan meja' dilakukan oleh NASA dan FEMA (Federal Emergency Management Agency) yang mengkombinasikan upaya mereka untuk menentukan bagaimana mereka akan mengevaluasi dan menanggapi ancaman tersebut.

NASA dan FEMA Akan Menanggapi Ancaman Asteroid

Baca Juga:

Apa yang membuat hipotesis skenario ini sangat menantang, dalam hal ini adalah fakta bahwa asteroid begitu dekat sehingga tidak ada cukup waktu tersisa meluncurkan misi untuk menangkisnya.

"Tingginya tingkat ketidakpastian awal, ditambah dengan dampak peringatan waktu yang relatif lama, membuat skenario ini unik dan sangat menantang untuk manajer darurat," kata Imamat A. Lewis, kepala National Response Koordinasi Cabang FEMA.

"Ini sangat berbeda dari mempersiapkan sebuah acara dengan waktu yang jauh lebih singkat, seperti badai."

Latihan ini melibatkan penentuan di mana asteroid itu akan menyerang, bagaimana cara menyelamatkan orang sebanyak mungkin dan bagaimana berkomunikasi rencana yang baik kepada publik dan lembaga penegak hukum.

"Sangat penting untuk latihan jenis ini dengan probabilitas rendah tapi skenario bencana merupakan konsekuensi yang tinggi," kata Administrator FEMA, Craig Fugate. "Dengan bekerja melalui rencana tanggap darurat kami sekarang, kami akan lebih siap jika dan ketika kita perlu menanggapi peristiwa semacam itu."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar