Ditemukan Laut di Bawah Permukaan Bulan Dione


Kamis, 06 Oktober 2016
Label:

[Sains Box] Penelitian baru telah menyatakan bahwa bulan Saturnus adalah rumah bagi laut bawah permukaan air cair. Pencarian kehidupan dalam tata surya kita selalu berpusat di sekitar mencari air cair dan sekarang Dione, salah satu bulan milik Saturnus, tampaknya telah bergabung dengan barisan sebagai salah satu dari meningkatnya jumlah dunia yang diyakini sebagai tempat bersembunyi laut di bawah permukaannya.

Kembali pada tahun 2013, data yang dikembalikan oleh pesawat ruang angkasa NASA bernama Cassini telah menunjukkan, berdasarkan topografi Dione ini, samudra bawah permukaan telah membuat retak kerak es di beberapa titik di masa lalu.

Ditemukan Laut di Bawah Permukaan Bulan Dione

Baca Juga:

Namun sekarang, para peneliti dari Royal Observatory of Belgium telah menggunakan teknik pemodelan komputer baru untuk mengungkapkan bahwa laut kuno ini sebenarnya masih ada hingga saat ini.

Temuan mereka didasarkan pada data gravitasi baru yang muncul konsisten dengan ide bahwa kerak es Dione ini mengambang di atas lautan air cair yang terletak 62 mil di bawah permukaannya.

Penemuan ini berarti bahwa tiga bulan Saturnus sekarang diyakini memiliki lautan dengan dua lainnya adalah Enceladus dan Titan. Sementara itu Europa bulan milik Jupiter juga contoh lain yang lebih terkenal.

Ditemukan Laut di Bawah Permukaan Bulan Dione

Apakah ada sesuatu yang hidup di kedalaman berair dunia ini namun masih belum diketahui.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar