Ilmuwan Temukan Magnet 'Indera Keenam' Manusia


Selasa, 28 Juni 2016
Label: ,

[Sains Box] Seorang peneliti di Amerika Serikat percaya bahwa dia telah menemukan bukti dari magnet 'indra keenam' pada manusia. Joe Kirschvink dari California Institute of Technology menyatakan bahwa ia telah menemukan bukti berulang dan dapat diverifikasi bahwa manusia dapat merasakan medan magnet.

Penelitian sebelumnya, yang dilakukan oleh Max Planck Institute dan diterbitkan di Nature Scientific Reports, ditemukan pada hewan termasuk anjing, serigala, beruang, rubah, luak, orangutan dan kera, memiliki bidang-sensing molekul cryptochrome 1a (Cry1a) hadir di retina mereka.

Ilmuwan Temukan Magnet Indera Keenam Manusia

Baca Juga:

Melihat hal ini, Joe Kirschvink pun melakukan uji coba yang melibatkan sekelompok kecil dari 24 relawan yang diminta untuk duduk di dalam sangkar Faraday, yaitu sebuah kandang khusus yang memblok gangguan elektromagnetik.

Untuk percobaan, para peserta terkena medan magnet sementara Kirschvink menganalisis aktivitas listrik otak mereka menggunakan sistem monitoring elektrofisiologi.

Temuan sementara ini masih memerlukan tinjauan lebih lanjut, namun ia percaya bahwa kemampuan untuk mendeteksi medan magnet tersebut berasal dari sel-sel reseptor magnetik khusus yang bertindak sebagai 'jarum kompas'.

Apakah mungkin bagi kita untuk secara naluriah mendeteksi medan magnet? Penelitian lebih lanjut diharapkan akan dilakukan dalam waktu dekat untuk menguatkan hasilnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar