Megalodon Punah Karena Persaingan Berebut Makanan


Senin, 04 April 2016
Label:

[Sains Box] Hiu terbesar yang pernah hidup mungkin telah punah oleh persaingan dari predator lainnya. Hiu yang berukuran panjang hingga 60 kaki ini merupakan raksasa prasejarah yang hidup hingga sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Jika dibandingkan dengan hiu putih besar yang sekarang, mungkin kurang dari sepertiga ukuran dari Megalodon, sehingga hiu putih terlihat seperti ikan kecil.

Selama 20 juta tahun predator raksasa ini mendominasi lautan di dunia, tapi kemudian terjadi sesuatu yang memberikan efek bencana pada spesies ini yang pada akhirnya punah.

Megalodon Punah Karena Persaingan Berebut Makana
Foto: Herschel Hoffmeyer / Shutterstock

Baca Juga:

Selama bertahun-tahun diyakini bahwa Megalodon telah punah oleh dampak perubahan iklim, tapi sekarang para ilmuwan di University of Zurich telah menyoroti kemungkinan lain, yaitu hiu besar ini hanya kalah bersaing memperoleh makanan dengan predator laut lainnya.

Bukti dari catatan fosil telah menunjukkan korelasi langsung antara nomor Megalodon berkurang dan kenaikan jumlah hiu yang lebih kecil serta spesies mamalia laut pemangsa lainnya.

"Kami tidak bisa memastikan hubungan langsung antara kepunahan C. Megalodon dan fluktuasi global dalam suhu selama waktu ini," tulis peneliti Catalina Pimiento.

"Perubahan kondisi iklim tampaknya tidak memiliki pengaruh pada kepadatan populasi dan jumlah hiu raksasa.”

Megalodon merupakan hiu terbesar dalam sejarah Bumi, tapi harus kalah dengan predator baru yang lebih kecil dari mereka sehingga sumber makanan mereka makin berkurang.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(upi)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar