Hal-Hal Aneh dan Nyata Terkait Dengan Teleportasi


Senin, 11 April 2016
Label: , ,

[Sains Box] Teleportasi adalah bukan apa yang Anda pikirkan. Namun, untuk sementara ini teleportasi memang terlihat sebagai teknologi futuristik yang canggih dimana mampu memindahkan orang melintasi jarak yang jauh dalam seketika, akan tetapi secara sadar atau tidak teleportasi mungkin telah terjadi selama jutaan tahun tanpa teknologi yang terlibat.

Tentu saja, keberadaan apa pun di alam ini, termasuk benda bergerak lebih cepat dari cahaya atau menghilang dan muncul kembali, biasanya berarti ilmu pada akhirnya akan menemukan "bagaimana" dan belajar untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan mesin. Tapi kejadian aneh yang tak dapat dijelaskan seringkali terjadi di dunia nyata, dan kata "teleportasi" pun diciptakan untuk menggambarkan beberapa peristiwa tersebut.

Hal-Hal Aneh dan Nyata Terkait dengan Teleportasi

Baca Juga:

Sejarah

Kata "teleportasi" tidak diciptakan untuk fiksi fantasi. Ini adalah hal yang serius dan "teleportasi kuantum" sudah merupakan kenyataan di laboratorium sains saat ini, yaitu partikel yang bergerak. Tapi jika itu terjadi di alam, kejadian hilangnya properti dan orang-orang secara misterius tanpa penjelasan apa pun, tentu ini merupakan hasil dari kekuatan kosmik yang aneh? Apakah itu berarti teleport memang benar-benar bisa dilakukan?

Bertentangan dengan kiasan fiksi ilmiah, "teleportasi", seperti yang diciptakan oleh Charles Hoy Fort pada tahun 1931, adalah "kekuatan transportory" yang sudah ada di alam semesta. Fort mengungkapkan hal itu adalah peristiwa alami, terkadang biasa disebut sebagai aktivitas paranormal.

Ada satu artikel menggunakan kata "teleport" cukup berbeda sebelum Fort pada tahun 1878, kemungkinan yang pertama kali menggunakan kata tersebut. Artikel itu berbicara tentang mesin masa depan yang mungkin dapat mengangkut orang dalam seketika, dalam spekulasi liar mengikuti penemuan telepon dua tahun sebelumnya. Yang lebih konsisten dengan iterasi fiksi ilmiah kita menyebutnya teleportasi, seperti yang Anda lihat di film Star Trek.

Dalam vena dari spekulasi tentang teleportasi sebagai kekuatan alam, pembakaran manusia spontan (SHC/spontaneous human combustion) adalah misteri lain yang serupa, meskipun sekarang ada penjelasan ilmiah dan medis untuk fenomena itu. Petir bola (atau biasa juga disebut "bola api" jika dilihat memang sebagai manifestasi supranatural) juga fenomena Fortean, belum pernah ditemukan secara nyata dan difoto. Hal ini masih belum dijelaskan secara ilmiah.

Imajinasi juga menangkap peristiwa besar seperti hilangnya pesawat tanpa jejak, contohnya yang dialami oleh pesawat Malaysia Airlines MH370 yang menghilang pada tanggal 8 Maret 2014. Apa yang bisa membuat sebuah objek besar, dan begitu banyak orang, menghilang tanpa jejak dan menghindari pihak pencari dari banyak negara yang berbeda? Insiden hilangnya pesawat ini berakhir sebagai misteri, meskipun banyak yang menganggap pesawat tersebut masih bertahan dan utuh. Sebab, sinyal dari ponsel penumpang telah diterima saat panggilan masuk, tapi tidak ada jawaban. Bahkan, pihak berwenang yang mencarinya mampu menunjukkan sinyal telepon tersebut.

Pada tahun 1880, seorang petani bernama David Lang dilaporkan menghilang ke udara tipis terlihat jelas dari beberapa saksi. Dia tidak pernah terlihat lagi, meskipun kemudian nampak "lingkaran" misterius terbentuk di daerah tempat ia berdiri. Beberapa bulan kemudian, istrinya melaporkan bahwa ia bisa mendengar suaranya menangis minta tolong dari tempat terakhir ia melihatnya.

Pada catatan yang lebih sepele, kebanyakan orang telah bingung setidaknya sekali dalam hidup mereka dengan hilangnya sebuah objek. Misalnya saja, ada seseorang yang kehilangan sebuah cincin kawin, meskipun pemiliknya sudah berusaha mencari hingga setengah mati. Jika hal itu terjadi di luar ruangan, ada sejumlah tempat yang bisa membuat cincin itu tersembunyi. Tapi bagaimana kalau itu terjadi di sebuah ruangan, dengan tidak ada orang yang bisa mencurinya, tidak ada kesenjangan dalam papan lantai, tidak ada jendela yang terbuka sehingga membuatnya lompat keluar jendela? Bagaimana jika seluruh ruangan telah ditelusuri setiap sentimeter persegi diperiksa? Peristiwa semacam ini mungkin didasarkan pada pemahaman kita tentang alam semesta, namun hal itu terjadi sepanjang waktu.

Teori "lubang cacing" (atau Bridge Einstein-Rosen), adalah hipotesis ilmiah yang dihormati, karena berisi penjelasan yang mungkin. Fitur tersebut bisa menghubungkan lokasi yang berbeda dalam ruang-waktu dan objek transportasi seketika. Sebuah objek bisa menghilang, lalu muncul kembali di lain waktu. Ini mungkin lenyap dari satu ruang, dan muncul di ruang lain.

Hal-Hal Aneh dan Nyata Terkait dengan Teleportasi

Jika kita berasumsi bahwa pusaran tersebut dapat eksis, mereka bisa berada di mana-mana. Mereka mungkin ada lebih berlimpah pada skala yang lebih kecil di mana mereka lebih sulit untuk dideteksi, mengambil partikel dan menyimpannya untuk jarak jauh. Pada kesempatan langka, mereka mungkin cukup besar untuk menyelubungi barang-barang pribadi, seperti kunci. Pada kesempatan jauh lebih jarang, mereka dapat menangkap mobil, yang menghilang hanya dalam sekedipan mata seperti yang pernah dilaporkan. Dalam paling langka dari semua kasus tersebut, seluruh bangunan lenyap seketika seperti yang disebut dalam pengalaman paranormal.

Jika instansi yang bertanggung jawab adalah lubang cacing, maka benda yang lenyap bisa pergi ke mana saja. Mereka bisa muncul di planet lain, atau di angkasa. Karena tidak ada batas untuk seberapa jauh lubang cacing dapat meregang, secara teori, mereka bisa mengambil objek di mana saja di alam semesta tanpa harapan kembali.

Mungkin tidak ada kendaraan dari luar angkasa yang menculik orang, dan mungkin tidak ada jenis pusaran ruang waktu yang mampu memindahkan orang dan benda-benda dari satu tempat ke tempat lain. Namun, tidak dapat disangkal bahwa ada kekuatan aneh yang bekerja di alam semesta. Jika kita menggunakan unsur-unsur tertentu dari kosmologi seperti teori lubang cacing, bagaimanapun, penjelasan yang mungkin akan banyak ditemukan.

Hal-Hal Aneh dan Nyata Terkait dengan Teleportasi

Gagasan bahwa apa pun bisa lenyap setiap saat mungkin tampak menggelisahkan, tetapi hal tersebut begitu langka, dan kemungkinan teleportasi alam hanya akan menjadi bagian dari astronomi.


----------------------
Penulis:
© Arnold Isen

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar