Kelak, Perjalanan Dari Bumi ke Mars Hanya 3 Hari


Selasa, 23 Februari 2016
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Kelak, Perjalanan Dari Bumi ke Mars Hanya 3 Hari

Apa yang sering digambarkan pada film sci-fi mengenai perjalanan antar bintang (interstellar) benar-benar akan menjadi kenyataan di masa depan. Sebab, saat ini para ilmuwan sedang mengembangkan jenis baru dari sistem propulsi yang menggunakan laser untuk dapat mendorong sebuah pesawat ruang angkasa hingga kecepatan super.

Tidak ada yang menyangkal pesawat ruang angkasa saat ini sangat lambat, bahkan membutuhkan bertahun-tahun untuk melakukan perjalanan ke planet lain dalam tata surya kita.

Kelak, Perjalanan Dari Bumi ke Mars Hanya 3 Hari

Baca Juga:

Umumnya, probe antariksa dan pesawat ruang angkasa saat ini menggunakan roket kimia konvensional yang bekerja dengan membakar bahan bakar untuk menghasilkan daya dorong, mekanisme yang pasti bekerja ini masih sangat lambat dan tidak efisien. Oleh karena itu perlu untuk membawa semua bahan bakar berat sepanjang perjalanan. Ini jelas-jelas dapat menghambat perjalanan itu sendiri.

Menurut ilmuwan NASA, Philip Lubin, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sinar laser sebagai bahan dasar pendorong sebuah pesawat ruang angkasa untuk mencapai kecepatan tanpa perlu bahan bakar sama sekali.

Laser, yang akan terletak di permukaan bumi, dapat memungkinkan jenis 'propulsi fotonik' dengan menembaki 'layar' khusus pada pesawat ruang angkasa dalam upaya untuk mendorongnya ke depan.

Kelak, Perjalanan Dari Bumi ke Mars Hanya 3 Hari

Sementara itu, tidak akan mungkin untuk mendorong sesuatu yang sangat berat, sistem seperti itu akan menjadi sempurna untuk mengirimkan probe ke dunia lain dalam tata surya kita dan bahkan mungkin lebih dari itu.

"Ada kemajuan terbaru yang mengambil ini dari fiksi ilmiah dengan realitas ilmu pengetahuan," kata Lubin.

"Tidak ada alasan diketahui mengapa kita tidak bisa melakukan ini."

Bahkan jika pun berhasil, kita akan dapat mengirim pesawat antariksa ke Mars hanya dalam tiga hari saja. Waktu yang cukup fantastis.

Yuk tonton videonya

VIDEO INTERSTELLAR

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

6 komentar:

  1. Tiga hari cuma dengan daya laser ,hebat tenan.
    orang akan mondar-mandir bumi-mars.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung juga mas..
      tergantung isi dompetnya.. utk sekelas kita2 ya paling cuma bs mondar-mandir ke pasar.. hehe :D

      Hapus
  2. yah, tapi masih sekadar pemikiran.
    kalaupun bisa direalisasikan, haha, emangnya saya bakal bisa mondar-mandir bumi-mars? duitnya bos, mondar-mandir Indonesia-Mekkah aja belum bisa? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah itu kan udh saya singgung di jawaban komen atas. org2 sekelas kita memang gak akan bs mondar-mandir ke sana. Kalo Indonesia-Mekah bs mondar-mandir ya enak bgt tuh.. sangat membantu sekali...
      Tp teknologi kan semakin hari akan trs berkembang, dan hal yg tdk mungkin, bisa saja menjadi mungkin. Hanya Allah yg tahu.

      Hapus
  3. siapa tahu nanti terciptanya pintu doraemon hweheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalo yg itu mendingan jgn sampe tercipta deh... bisa gawat disalahgunakan :D

      Hapus