Venus, Tanaman Penangkap Lalat yang Bisa Menghitung


Selasa, 26 Januari 2016
Label:

[Sains Box] Rahasia di balik kesuksesan tanaman karnivora adalah kemampuannya untuk menghitung berapa kali disentuh. Salah satu yang paling tidak biasa dari tanaman yang belum banyak kita ketahui adalah tanaman penangkap lalat, Venus. Tanaman ini bisa dibilang tanaman yang unik dan aneh, sebab memiliki satu set perangkap yang mampu menjerat setiap serangga yang hinggap di bagian tanaman tersebut, terutama ketika serangga itu sudah melangkah masuk ke dalam perangkap.

Satu hal yang unik dari perangkap tanaman Venus ini adalah kita tidak tahu persis bagaimana tanaman tersebut memutuskan kapan untuk menutup salah satu perangkapnya dan mulai mencerna apa yang ada di dalam perangkapnya tersebut. Hal ini tetap menjadi topik perdebatan selama bertahun-tahun.

Venus, Tanaman Penangkap Lalat yang Bisa Menghitung

Baca Juga:

Akan tetapi, para ilmuwan saat ini melakukan sebuah studi baru, dan mereka percaya bahwa rahasia sukses perangkap Venus itu terletak pada kemampuannya yang agak luar biasa untuk menghitung.

Begitu salah satu perangkap menutup, tanaman tersebut segera memproduksi enzim pencernaan lalu menyerap energi mangsanya. Namun adakalanya si mangsa begitu cekatan, sehingga dapat meloloskan diri dari perangkap.

Untuk menghindari penutupan perangkap yang tidak perlu, tanaman ini mampu melacak jumlah sentuhan beberapa kali, dimana ia akan merasakan sesuatu sentuhan dari mangsanya yang menyentuh rambut pemicu dalam perangkap sebelum memutuskan untuk menjebaknya. Tanaman ini akan mendeteksi setiap gerakan yang ditimbulkan dari serangga yang sedang berjalan di sekitar perangkapnya, ia seolah dapat menghitung berapa kali mangsanya itu menyentuh rambut pemicu, begitu merasa cukup maka ia akan segera menutup perangkapnya.

Gerakan berikutnya adalah memulai mencerna apapun yang telah tertangkap dalam perangkap itu.

Apa yang membuat proses ini sangat menarik adalah kenyataan bahwa tanaman ini bahkan dapat menentukan seberapa besar atau bergizinya serangga yang tertangkap, untuk menentukan seberapa besar enzim pencernaan yang dibutuhkan agar pekerjaan mencernanya dapat dilakukan seefisien mungkin. Luar biasa !

Yuk intip video bagaimana tanaman ini menjebak lalat:

VIDEO VENUS MENANGKAP LALAT

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. keren ya, tanaman ini punya kemampuan menghitung durasi waktu kapan dia harus menjebak mangsanya dengan perangkap.

    BalasHapus