Makan Tomat Bikin Awet Muda


Senin, 29 Desember 2014
Label:

[Sains Box] Sebagian dari beberapa orang tidak begitu menyukai tomat. Bahkan yang ada dipikiran mereka hanyalah saus tomat dan pizza saja. Mereka tidak berpikir begitu pentingnya untuk makan buah tomat secara langsung.

Tomat adalah buah super anti-penuaan yang layak mendapatkan tempat dalam diet sehat Anda, terutama untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, tomat juga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia seperti osteoporosis, dan bahkan mencegah kanker.

Makan Tomat Bikin Awet Muda

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi super yang ada pada tomat yang mungkin belum Anda ketahui. Salah satu kandungan tomat yang paling penting bagi kesehatan adalah lycopene:
  • Lycopene ditemukan dalam tomat sebagai salah satu senyawa yang dikenal secara kolektif sebagai karotenoid. Sebuah volume besar penelitian telah menunjukkan selama puluhan tahun bahwa karotenoid membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari.
  • Kejadian dan risiko untuk sebagian besar jenis kanker cenderung meningkat dengan usia. Penelitian di CMAJ: Medical Association Journal Kanada menemukan bahwa risiko penyakit kronis serius seperti kanker berkurang dengan peningkatan konsumsi tomat. Meskipun lycopene telah dikreditkan, para ilmuwan menemukan bahwa nutrisi lainnya dalam tomat mungkin ikut memainkan peran.
  • Lycopene, secara luas dianggap sebagai antioksidan yang paling ampuh dari karotenoid, merupakan antioksidan kuat yang tidak hanya melindungi terhadap kerusakan UV juga membantu melindungi terhadap bakteri yang merusak.
  • Lycopene juga muncul untuk memperkuat kulit dengan menghambat aktivitas kolagenase, enzim yang terlibat dalam pemecahan kolagen di kulit. Kolagen membantu memastikan keteguhan dan elastisitas kulit Anda dan mencegah kerutan.
  • Ketika para ilmuwan menganalisis tingkat jaringan dan darah pada lycopene dalam sebuah subjek, mereka menemukan bahwa orang-orang dengan tingkat tinggi nutrisi ini, terutama ditemukan dalam tomat, memiliki risiko lebih rendah dari penyakit kronis.
  • Lycopene ditemukan dalam tomat menjaga gigi dan gusi yang sehat. Dalam studi telah menunjukkan sifat antibakteri dan antijamur, sehingga sangat membantu kesehatan gigi dan gusi.
  • Tomat memang sangat kaya akan lycopene yang dapat membantu melindungi tubuh kita terhadap efek racun, terutama aflatoksin (sejenis jamur yang sering ditemukan pada kacang tanah dan selai kacang) dan kadmium, yang ditemukan dalam asap rokok, kedua tangan perokok dan seringnya juga dari polusi udara.
  • Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu kesehatan jantung. Penyakit jantung sering dikaitkan dengan pola makan yang buruk dan penuaan. Peningkatan konsumsi lycopene membantu meningkatkan kesehatan jantung dan jelas membantu untuk menggantikan pilihan makanan yang kurang sehat dalam diet.

Nah, itulah nutrisi penting dalam tomat yang seringkali diabaikan oleh kita, bahkan ada saja yang tidak pernah melirik tomat sama sekali.

Mulai sekarang, jika Anda ingin awet muda, cobalah rutin konsumsi tomat. ^_^




sign


Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: