Dinosaurus Bertanduk Pertama di Amerika


Rabu, 17 Desember 2014
Label:

[Sains Box] Baru-baru ini, palaeontolog telah berhasil mengidentifikasi fosil dinosaurus bertanduk yang memiliki ukuran tubuh sebesar tubuh kelinci. Jenis ini lebih relatif ke jenis dinosaurus Triceratops.

Spesies baru, yang ditemukan selama ekspedisi ke Montana pada tahun 1997 ini, telah memiliki nama Aquilops americanus setelah resmi diakui sebagai contoh awal dikenal dari ceratopsian yang pernah ditemukan di Amerika Utara.

Wajahnya yang jika dilihat dari samping akan nampak seperti Elang dengan paruhnya yang khas. Akan tetapi itu sebenarnya bukanlah paruh seperti yang dibayangkan, melainkan tanduk kecil yang mirip seperti alis. Spesies ini sudah punah lebih dari 50 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus Bertanduk Pertama di Amerika

Dinosaurus Bertanduk Pertama di Amerika

Dinosaurus Bertanduk Pertama di Amerika

Ahli paleontologi Andrew Farke dan rekannya percaya bahwa Aquilops, yang juga jauh lebih kecil daripada Triceratops, sebenarnya memiliki silsilah keluarga ceratopsian dan hidup relatif terdekatnya pada saat paling mungkin tinggal di Asia.

"Saat ini sudah dijelaskan secara resmi, kita akan dapat lebih akurat berbicara tentang sejarah evolusi awal dinosaurus bertanduk di Amerika Utara," katanya.





sign


Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar