Inilah Trotoar Khusus Bagi Pengguna Ponsel


Kamis, 18 September 2014
Label:

[Sains Box] Siapa sih orangnya yang tidak mengenal ponsel? Bahkan, hampir semua penduduk planet bumi ini menggunakan gadget yang satu ini. Memang, kemajuan teknologi pada smartphone, yang hampir setiap tahunnya selalu berkembang, membuat semua orang menjadikan smartphone sebagai barang yang wajib dimiliki. Hanya saja, dengan semakin banyaknya orang-orang yang menggunakan ponsel dalam hidup mereka, tidak sedikit dari mereka yang menggunakannya dengan tidak melihat sisi-sisi keamanan, misalnya saja, menelpon sambil berjalan di jalanan umum. Hal ini memang terlihat simple, akan tetapi bisa saja beresiko pada keselamatan nyawa.

Menurut salah satu survei terbaru, 80 persen dari 10.000 pekerja di China mengakui “kecanduan yang parah” terhadap ponsel. Sebenarnya kecanduan ponsel ini tidak hanya terjadi di China saja melainkan sudah menjangkit ke berbagai negara di dunia.

Inilah Trotoar Khusus Bagi Pengguna Ponsel

Bahkan di Amerika Serikat, hal ini pun telah menyebabkan banyaknya kasus yang berkaitan dengan kasus cedera akibat menggunakan ponsel sembarangan sambil berjalan. Di AS pada tahun 2005 telah tercatat 256 pengguna ponsel yang masuk ke ruang unit gawat darurat, sedangkan pada tahun 2010, angka tersebut menjadi naik tercatat sebanyak 1.506 pengguna ponsel yang harus melewati ruang gawat darurat. Diyakini angka ini akan terus naik jika tidak ditemukan solusi yang tepat.

Inilah Trotoar Khusus Bagi Pengguna Ponsel

Inilah Trotoar Khusus Bagi Pengguna Ponsel

Berdasarkan pada data-data pengguna ponsel yang cedera serius karena kecerobohan mereka itu, maka memunculkan sebuah ide. Ide ini merupakan sebuah program percobaan yang diterapkan untuk memantau perilaku orang-orang pengguna ponsel dalam kerumunan di jalanan. Maka tercetuslah ide pembuatan trotoar khusus untuk para pengguna ponsel. Biasanya, para pengguna ponsel ini terlalu asik dengan gadget mereka, sehingga mereka tidak tahu ke arah mana mereka melangkahkan kaki mereka. Apalagi saat sedang ber-SMS, mereka bahkan serius mengarahkan perhatiannya hanya ke layar ponsel, dan tidak tahu resiko apa yang akan mereka hadapi saat mereka salah jalan.

Inilah Trotoar Khusus Bagi Pengguna Ponsel

Inilah Trotoar Khusus Bagi Pengguna Ponsel

Inilah Trotoar Khusus Bagi Pengguna Ponsel

Kini, pemerintah kota Chongqing di China mulai memberlakukan peraturan khusus bagi para pejalan kaki yang sedang menggunakan ponsel. Mereka diharuskan memilih memakai trotoar khusus pengguna ponsel. Dibagian bawah trotoar akan diberi tulisan atau tanda, yang wajib di lakukan oleh para pejalan kaki yang melintasi area tersebut. Untuk pengguna ponsel, silahkan memilih yang bertuliskan atau bertanda gambar ponsel. Sedangkan untuk yang tidak sedang menggunakan ponsel, harus memilih gambar ponsel yang diberi garis silang.

Trotoar khusus pengguna ponsel di kota Chongqing, China ini merupakan trotoar yang pertama kali dibuat. Jika hal ini bisa mengurangi angka kecelakaan akibat ponsel, maka tidaklah mungkin akan diterapkan ke berbagai negara di dunia.



sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar