Kutub Utara Magnetik Bumi Bergerak Cepat, Apa Dampaknya?


Jumat, 08 Februari 2019
Label:
Advertisement
[Sains Box] Kutub Utara Magnetik Bumi Bergerak Cepat, Apa Dampaknya?

Kutub utara magnetik planet kita dilaporkan bergerak ke arah Siberia dengan kecepatan 34 mil per tahun. Tren yang mengejutkan ini, didasarkan pada kutub yang telah melintasi garis internasional pada tahun 2017, dimana memiliki potensi untuk menyebabkan gangguan yang cukup besar pada sistem navigasi magnetik.

Para ilmuwan telah berjuang untuk menjaga agar peta resmi medan magnet dunia tetap mutakhir.

"Kami tahu dari log kapal tua bahwa dalam 400 tahun terakhir, kutub magnet utara telah berada di sekitar Kanada utara," kata Ciaran Beggan dari British Geological Survey di Edinburgh.

Baca Juga:

Kutub Utara Magnetik Bumi Bergerak, Apa Dampaknya?

"Hingga 1900-an, mungkin bergerak puluhan kilometer, bolak-balik. Tapi dalam 50 tahun terakhir ini mulai bergerak lagi ke utara, dan dalam 30 tahun terakhir mulai bergerak menjauh."

"Kini mulai bergerak dari sekitar 5 hingga 10 km setahun berubah menjadi 50 atau 60 km setahun hari ini."

Pergerakan kutub utara magnet yang cepat ini dikaitkan dengan adanya turbulensi di inti luar cair planet ini di mana aliran sempit - mirip dengan aliran jet - diperkirakan muncul.

Kutub Utara Magnetik Bumi Bergerak, Apa Dampaknya?
Pergerakan kutub utara magnetik Bumi
____________________________________

Medan magnet Bumi sebenarnya telah semakin lemah selama beberapa dekade terakhir, yang mengarah pada spekulasi bahwa pada akhirnya bisa berubah sepenuhnya, artinya kompas akan mulai mengarah ke selatan.

Itu adalah sesuatu yang telah terjadi beberapa kali sepanjang sejarah Bumi.

"Ini bukan pertanyaan apakah itu akan terbalik, namun pertanyaannya adalah kapan itu akan terbalik," kata Beggan.

Dan saat hal itu terjadi, apa dampaknya? Tentu saja sistem navigasi akan terpengaruhi secara global dan harus terus diupdate. Lalu dampaknya bagi planet bisa sangat mengerikan jika medan magnet tersebut makin melemah dan menghilang.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.